Travel

Danau Tarusan Kamang Yang Unik

Awal tahun ini gue menghabiskan waktu bersama keluarga. Gak seperti tahun lalu yang ngebolang untuk tiduran di tepi pantai, kali ini ngebolang rame-rame bareng ponakan ke salah satu objek wisata yang lagi hits di Bukittinggi untuk beberapa tahun belakangan ini.

Danau Tarusan Kamang
Danau Tarusan Kamang

Namanya adalah Danau Tarusan Kamang. Sesuai namanya, Danau ini terletak di Nagari Kamang, tepatnya Kamang Mudiak, Kabupaten Agam. Awal tahu tentang Danau Tarusan Kamang ini lewat foto-fotonya Erison J. Kambari, Fotografer yang banyak memotret keindahan alam Minangkabau.

Pernah pergi bareng temen-temen tempat kerja dulu tahun lalu. Dan kemarin waktu ke sini lagi, udah banyak yang berubah. Jalannya udah mulai diperbaiki tapi tetep sebelum sampe ke Danau Tarusan Kamang ini kita tetep harus melewati jalanan sempit yang cukup untuk satu mobil saja di antara rumah-rumah penduduk.

Tidak ada tarif untuk menikmati keindahan Danau Tarusan Kamang ini. Cukup memberi sumbangan seikhlasnya untuk pengelolaannya. Sampai di Danau Tarusan Kamang kamu akan disambut dengan padang rumput hijau nan luas. Ada juga gerombolan kerbau yang dibiarkan pemiliknya tanpa diikat bebas merumput tanpa mengganggu pengunjung.

Bermain di Danau Tarusan Kamang
Bermain di Danau Tarusan Kamang

Danau Tarusan Kamang ini sedikit unik dan berbeda dari danau-danau yang ada pada biasanya. Ada waktunya Danau ini mengering begitu saja, dasarnya jadi padang yang luas. Dan kemarin adalah waktunya untuk berair, tapi tidak di bagian tengah. Ada sebuah dataran yang bisa disebut pulau. Dan orang-orang bisa bermain di sana dengan bantuan rakit bambu.

Danau Tarusan Kamang
Dua Musim di Danau Tarusan Kamang. Foto Erison J. Kambari

 

Pengennya sih menikmati sunset di Danau Tarusan Kamang ini. Tapi karena bawa 2 bocah, sekitar jam 4an kita udah pulang. Dan ketika menuju perjalanan pulang, banyak motor-motor yang berdatangan. Kayanya sih yang mau pacaran gitu deh. Hahaha. Jadi kamu kapan mau aku ajak ke sini?

Oya, Untuk yang mau main ke Danau Tarusan Kamang ini ada rute yang bisa kamu pedomani.

Ruter Menuju Danau Tarusan Kamang dari Jam Gadang
Ruter Menuju Danau Tarusan Kamang dari Jam Gadang

 

15 Comments

  • Alid Abdul

    Ijoonyaaa,,, baiklah saya masukin list ntar klo ke Sumatra Barat 😀

    Reply
  • Indra Setiawan

    Ini paling pas bawah bekal trus gelar tiker deh..

    Reply
  • Dian

    Salam Kenal dr batam Uda 🙂

    Ntar klo Pulkam ke Payakumbuh, Tarusan kamang wajib masuk list mbolang hehe

    Reply
  • lapakmedan

    itu dari pusat kota seperti terminal dan bandara jauh gak kak???

    Reply
    • @udafanz

      Bandaranya di Padang kak. 2 Jam dari Bukittinggi. Dari pusat kota ke sini sekitar 30 menitan deh. 🙂

      Reply
  • Fenny Ferawati

    Danaunya jadi kayak amfibi gitu ya mas di dua musim

    Reply
  • mawi wijna

    Musim rumput??? Baru tahu ada musim kayak gituan, hahaha 😀
    Tapi menarik kok walau di musim rumput. Biasanya telaga yang mengering itu kan dasarnya berlumpur.

    Reply
  • Titis Ayuningsih

    Wuih, Uda Ifan bikin ngiler mau kesana -,-

    Reply
  • Gandi

    Danaunya angker gak?? 😮

    Reply
  • Dewie

    Itu asli keren. Dulu sering ke Bukit Tinggi tapi gak pernah tau ada danau sekern ini. Kalau berkunjung ke sana nanti ajak ajak ya uda

    Reply
  • N. Firmansyah (@nfirmansyah_)

    Keren banget. Kalo lagi galau trus ke sini cocok nih. Anginnya sejuk gak ini? Di dekat rumah gue ada danau juga tapi nggak sehijau ini lokasinya.

    Reply
  • And_ry

    ini lokasi syuting “TENGGELAMNYA KAPAL VANDERWIJK”
    Danau ini ada d waktu musim panas, pas musim hujan tarusan ini malah kering jd lapangan bola,..

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: