Cara Mudah Membuat Sticker Telegram

Cara Mudah Membuat Sticker Telegram Sendiri

photo_2016-09-10_10-01-33.jpg

Sebagai salah satu messenger populer, Telegram mempunyai kelebihan dibanding aplikasi sejenis semacam BBM, Line maupun whatsapp. Salah satu kelebihannya adalah kita bisa mendesain sendiri sticker yang akan digunakan ketika chat.

Berbeda dengan messenger lain seperti Line atau BBM yang mengharuskan penggunanya membeli sticker yang telah disediakan, Telegram sepertinya menginginkan penggunanya lebih kreatif untuk membuat sticker sendiri.

Untuk membuat sticker Telegram tidak butuh keahlian photoshop yang dewa. Cukup dengan “motivasi” bisa deh bikin sticker. Baiklah, mari kita mulai tutorial membuat sticker Telegram. Yang dibutuhkan selain motivasi adalah stock foto yang akan digunakan sebagai sticker, aplikasi pengolah foto, di sini saya menggunakan photoshop dan Telegram Desktop untuk mengupload sticker yang telah jadi.

Langkah awal adalah cropping foto yang akan dijadikan sticker, dan mengilangkan backgroundnya backgroundnya. Di sini saya menggunakan foto Benaaa katanya sih harus nulis gitu, kalo ga saya dikasih udel . Intinya, background fotonya dibikin transparent

Benaaa

Foto asli sebelum diolah

001 Jadiin file photo png dan transparant dulu.png

Setelah cropping dan transparent

Kemudian buka dokumen baru ukuran, 512 x 512 pixel dengan background transparent juga. Pindahkan foto yang telah dicrop tadi ke dokumen baru. Silakan berkreasi, bisa ditambahkan Teks ataupun shadow. Setelah selesai, save file tersebut dengan format .PNG

Buka aplikasi telegram PC kamu. Kemudian search akun @StickerBot. Nanti akan muncul tab chat baru yang menampilkan beberapa petunjuk seperti:
/newpack : Anda membuat paket baru stiker
/addsticker : menambahkan stiker ke paket yang ada
/delsticker : menghapus stiker dari paket yang ada
/ordersticker : mengatur ulang stiker dari paket yang ada
/stats: mendapatkan statistik untuk stiker
/top : menjadikan sticker di urutan atas
/packstats : mendapatkan statistik paket sticker
/packtop : menjadikan paket sticker di urutan atas
/cancel : membatalkan operasi

Untuk memulai membuat sticker pack baru, kamu bisa klik start kemudian ketikan command /newpack kemudian enter.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih emoticon, setelah dipilih salah satu emoticon kamu akan diminta untuk meng-upload file sticker yang telah kamu buat, ingat ya upload file bukan image. Lakukan langkah ini sampai semua sticker kamu memiliki emoticon masing-masing.

007.png

Setelah semuanya selesai kamu bisa mengetikkan /publish. Nantinya kamu akan diminta memberikan nama url untuk sticker yang kamu bikin.

008.png

Selamat! Sekarang kamu telah memiliki sticker telegram sendiri. Dengan sticker custom, kamu bisa berpromosi atau buat yang narsis inilah kesempatanmu! Hahaha

Save

Save

Save

Save

Share this article!

Comments

  1. Hahahha… kalau dibayar sih bolehlah bikin stiker sendiri… kalau engga? Ogah. Yang ada jadi bahan bulian. Terima kasih.

  2. weka weka weka weka….

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: