Contest - CP

Ini dia 3 Cara Mengatasi Kejenuhan dalam Menjalani Rutinitas

Namanya rutinitas, aktivitas yang dilakukan setiap hari dengan kegiatan yang sama pada akhirnya akan menimbulkan kejenuhan juga. Ya, kegiatan yang diulang – ulang setiap hari dan nyaris tidak ada beda bikin hidup terasa monoton. Dan ada saat di mana kita mesti keluar dari rutinitas tersebut sejenak agar bisa menghilangkan kejenuhan yang timbul. Berikut beberapa cara untuk mengatasi kejenuhan dalam menjalani rutinitas.

Melakukan Hal yang Baru

pexels-photo-269561.jpeg

Penyebab utama kejenuhan adalah karena apa yang kita lakukan setiap hari terasa monoton, untuk itu kita perlu mencoba melakukan hal – hal yang belum atau jarang dilakukan pada rutinitas harian. Misalnya jika kegiatan harianmu adalah bekerja di kantor dan dengan jadwal yang sudah tersusun dan sama setiap harinya, kamu bisa menyelipkan beberapa kegiatan di antara jadwal tersebut untuk melakukan hal baru yang kamu suka. Misalnya melakukan olahraga ataupun nongkrong setelah kerja. Intinya kamu tetap bisa melakukan kegiatan harianmu tanpa merasakan monoton lagi karena ada beberapa kegiatan baru yang menjadi sebuah pembeda.

Mencari Suasana Baru

Selain mencari kegiatan baru, kamu juga bisa mengubah suasana atau mencari suasana baru untuk mengatasi kejenuhan. Kamu bisa mengubah tata letak barang – barang di ruangan kerjamu dengan tata letak baru sehingga membuat ruang kerjamu terlihat fresh. Atau mencoba untuk melakukan kerja di luar ruangan sehingga secara tidak langsung kamu mendapatkan lingkungan baru dan menghindari kamu dari kejenuhan.

Ambil Cuti, Berliburlah

pexels-photo-297755.jpeg

Jika beberapa hal di atas tidak mempan, sepertinya kamu butuh liburan. Banyak orang menganggap liburan itu adalah buang – buang uang. Tapi jika kamu melihat dari sudut pandang yang berbeda, liburan adalah sebuah kebutuhan. Manusia butuh liburan dari rutinitas mereka yang monoton, apalagi kamu – kamu yang bekerja di ibukota yang bisa dibilang lingkungannya cepat bikin capek dan jenuh, liburan itu penting. Setidaknya dengan liburan kamu bisa meninggalkan rutinitas dan kerjaanmu untuk sementara.

Buat yang bingung liburan ke mana kamu tidak perlu berpikir terlalu jauh. Kamu bisa berlibur ke luar kota dengan budget yang tidak terlalu menguras dompetmu dan tentu saja waktunya jauh lebih cepat. Intinya adalah kamu berlibur.

Btw, biar liburan yang kamu jalani lancar dan tidak buang – buang waktu, kamu perlu menyusun itinery. Selain itu untuk urusan transportasi kamu juga mesti pikirkan, seperti transport kamu dari rumah ke bandara naik apa, sehingga nantinya sampai bandara tidak ketinggalan pesawat. Contohnya nih, kamu dari Bandung ingin ke bandara Soekarno Hatta ingin naik Xtrans, kamu perlu mencari tau berapa ongkos dan kamu bisa lihat jadwal XTrans bandara di sini agar tidak ketinggalan transportasi.

Budget udah, transport udah, destinasi udah. Berikutnya yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan traveling adalah urusan packing. Sepele sih kelihatannya, tapi packing merupakan salah satu hal penting perlu dilakukan sebelum traveling. Kamu perlu memilah barang – barang apa saja yang akan kamu masukkan ke dalam koper atau ransel yang akan kamu bawa. Saran saya sih bawa barang yang bener – bener terpakai saja. Tidak perlu banyak bawaan karena nantinya akan membuat kamu repot sendiri dan tentu saja akan keberatan dengan barang bawaan tersebut. Intinya jangan bikin liburan kamu yang seharusnya menyenangkan jadi merepotkan.

Nah, itu dia 3 cara mengatasi kejenuhan dalam melakukan rutinitas harian. Kamu bisa mencoba satu persatu, tapi tetep sih buat saya opsi yang paling mempan adalah yang terakhir. Bagi saya liburan adalah sebuah bentuk apresiasi terhadap diri sendiri setelah terus menerus bekerja. Jadi rewardnya adalah liburan atau traveling ke tempat – tempat baru. Bertemu dengan orang – orang baru dan lingkungan baru dan mendapatkan banyak hal baru sehingga liburan tidak semata menghabiskan uang dan tidak juga untuk pamer di sosial media.

Sekian dulu yak postingan kali ini. Kalo kamu, punya cara lain gak dalam mengatasi kejenuhan dalam menghadapi rutinitas harian? Bagi tipsnya ya di kolom komentar biar saya dan pembaca blog ini bisa baca juga tips dari kamu.

No Comments Found

Leave a Reply

%d bloggers like this: