udafanz.com

Syarat dan Jenjang Jadi Relationship Officer di Bank BCA

Untuk menjadi Relationship Officer, ada banyak skill yang harus Anda miliki. Mulai dari mempunyai kemampuan interpersonal yang mumpuni hingga kemampuan dalam customer relationship management. Biasanya, pekerjaan ini tidak membutuhkan pendidikan khusus. Akan tetapi, ada juga perusahaan yang lebih memprioritaskan lulusan marketing, bisnis, dan komunikasi.

Lain lagi dengan Relationship Officer BCA, yang membutuhkan kriteria khusus. Bagi Anda yang tertarik dengan profesi ini, silahkan simak ulasan berikut!

Syarat Menjadi Relationship Officer BCA

Beberapa diantara syarat menjadi RO BCA diantaranya :

  1. Minimal pendidikan S1 dari berbagai jurusan.
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif setidaknya 2,75 dari skala 4,00.
  3. Mempunyai minat pada bisnis dalam dunia kerja
  4. Maksimal berusia 24 tahun
  5. Mempunyai kemampuan negosiasi
  6. Mempunyai kemampuan interpersonal yang mumpuni
  7. Bisa bekerja di bawah tekanan
  8. Berkeinginan meningkatkan prestasi
  9. Mempunyai kemampuan untuk melakukan analisa
  10. Siap menjalankan ikatan dinas sesudah pendidikan
  11. Belum menikah
  12. Siap tidak menikah selama melakukan pelatihan atau pendidikan

Program Relationship Officer BCA

Untuk menjadi Relationship Officer di Bank BCA, Anda harus melewati beberapa tahap. Mulai dari seleksi administrasi, psikotes, wawancara rekrutmen, wawancara user, dan juga tes kesehatan. Jika sudah lolos, maka Anda akan melakukan program Relationship Officer BCA selama 1 tahun. Sehingga, nantinya saat bertugas, Anda bisa berperan secara optimal.

Apabila program pelatihan telah selesai, maka Anda akan diangkat menjadi karyawan tetap pada kantor cabang. Selama melakukan program, Anda akan memperoleh jaminan kesehatan, uang saku, tunjangan akhir tahun, tunjangan hari raya, serta pelatihan yang berkualitas tinggi.

Jenjang Karir Relationship Officer di Bank BCA

Salah satu keuntungan bergabung menjadi Relationship Officer di Bank BCA adalah memiliki jenjang karir yang jelas. Pada awal masuk, Anda akan menangani cakupan atau limit dari kredit yang kecil. Sebab, Anda masih dalam proses belajar.

Jika pengalaman dan kemampuan sudah meningkat, maka tanggung jawab yang diberikan akan semakin besar. Tentunya bertahap, seiring berjalannya waktu. Tanggung jawab yang lebih besar biasanya berbentuk jenis kredit korporasi.

Apabila prestasi terus meningkat, maka Anda pun akan naik jenjang karirnya sampai pemimpin cabang pembantu atau capem. Setelah itu, bisa jadi kepala pemasaran cabang, kemudian wakil pemimpin KCU, dan terakhir pemimpin KCU. Bahkan, Anda juga bisa berkarir pada kantor pusat. Mulai dari divisi kantor pusat meliputi bisnis, produk, dan sebagainya.

Perbedaan RO dan AO

Ada posisi yang serupa tapi tidak sama dengan Relationship Officer BCA, yakni AO atau Account Officer. Perbedaan utamanya terletak pada tugas tambahan berupa analisa kelayakan saat nasabah membutuhkan kredit untuk posisi AO. Jadi, AO bertugas untuk menentukan kredit yang sesuai untuk nasabah, bagaimana skema kreditnya, peruntukan kredit, jenis pembayaran, dan sebagainya. AO bertugas untuk melakukan maintain nasabah yang telah menjadi debitur.

Sedangkan job desk Relationship Officer lebih umum. RO harus menguasai produk non kredit serta membantu nasabah untuk memenuhi kebutuhan tentang produk itu. Sehingga, apabila ada nasabah yang membutuhkan kredit, maka RO akan memberikan referral pada AO agar AO bisa melakukan analisa. Apabila sudah dianalisis, maka nasabah akan di-maintain AO.

Karena tugas Relationship Officer cukup krusial, sehingga, Bank BCA memberikan pelatihan khusus agar terbentuk karakter yang sesuai dengan kebutuhan perbankan. Selain itu, supaya kemampuan calon RO menjadi lebih berkembang.

Apakah Anda siap menjadi Relationship Officer BCA? Jika iya, silahkan ajukan pendaftaran di website resmi karir BCA. Semoga berhasil!