Trend Blogging 2015

Blogging saat ini bukan sekadar menumpahkan uneg-uneg yang mengendap di kepala. Blogger saat ini sudah mulai mendapatkan panggungnya untuk memperlihatkan eksistensinya. Jika awalnya ngeblog tidak dapat apa-apa, saat ini blogger sudah banyak dapat berbagai hal baik materi maupun non materi.

Banyak pengiklan mulai melirik blogger menjadikannya ujung tombak promosi untuk sebuah produk. Kenapa blogger? Salah satu alasannya karena budget untuk meminta blogger mempromosikan sebuah produk ataupun campaign lebih murah. Jika dibandingkan dengan budget yang harus dikeluarkan untuk membuat sebuah iklan promosi, budget yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menggandeng blogger sebagai ujung tombak promosinya jauh sekali.

Semakin tahun peran blogger semakin nampak nyata dalam kehidupan sehari-hari. Seiring berkembangnya komunitas-komunitas blogger daerah di negeri ini, pemerintah daerahpun mulai melirik blogger sebagai partner dalam mempromosikan potensi daerah.

Dan awal 2014 lalu beberapa blogger memperluas jangkauan mereka dengan menerbitkan majalah indie non profit yang khusus membahas mengenai dunia blogging, Notif! Magz. Jadi blogger bukan hanya jago nulis di blognya saja. Gue berpikir kalau e-magz ini digarap lebih serius, bisa saja nantinya Notif! Magz akan menjelma menjadi portal blogger yang mengakomodir kebutuhan para blogger di luar portal-portal komunitas yang ada.

Trend blogging selanjutnya berhubungan dengan personal branding. Saat ini sudah banyak blogger yang sadar akan masalah personal branding. Jika dulu banyak blogger masih asal-asal dalam menulis dan menentukan tidak nichenya, saat ini banyak blogger yang sudah folus dengan niche masing-masing. Seperti ada blog yang hanya mengkhususkan menulis tentang traveling, masakan, parenting dan lainnya. Hal ini memudahkan mereka untuk mendapatkan tawaran untuk melakukan promosi sesuai dengan nichenya.

Mereka juga akan lebih memperhatikan nama domain yang dimilikinya. Tahun 2014 gue lihat sudah banyak blogger yang berinisiatif menggunakan Top Level Domain untuk memperkuat brand blog mereka. Dan kebanyakan blogger tersebut berasal dari platform blogspot. Karena platform ini termasuk gampang untuk kustomisasi domain. Rupiah yang mereka pergunakan untuk membeli domain tidak akan sebanding dengan personal branding yang mereka dapat. Mereka akan terlihat lebih profesional dengan alamat blog yang tidak ada embel-embel blogspot dot com ataupun wordpress dot com

Gue rasa masih banyak trend yang akan berkembang seiring berkembangnya teknologi.

Share this article!

Comments

  1. Semoga blog terus ngetrend apa pun isinya šŸ™‚

  2. Memang nih, semakin teknologi berkembang, maka blogger juga semakin mengikutinya. Seperti berbanding lurus gitu ya. Trus kalau promosi lewat blogger buat pebisnis juga malah asyik, bloggernya jadi tau dan si pebisnis juga untung. Ya, sama-sama untung lah.

  3. mudah-mudahan pada 2015 ini blogger lebih kreatif lagi dan yang pasti lebih fokus mengelolah blognya šŸ™‚

  4. Ada ya Notif magz…….baru tahu.
    ntar ane cari, pengen tahu tuh.

  5. kalau membahas Trend, blogger susah diprediksi karena blogger bersifat umum, tapi masuk akal juga tentang blogger yang sudah mulai menyatukan kekuatan menyamakan visi untuk membuat sebuah e-Magz yang alhasil bisa lebih menjelma kebentuk yang lebih profesional, namun akankah brand melirik, pastinya iya, mereka hanya meminta jumlah visitor, daripada mereka pasang iklan di baliho yang tidak bisa diukur dengan jumlah, lebih baik yang real saja

  6. Hmm bakal lebih spesifik dong yaa, pake personal brand jadi makin banyak brand2 yang lahir nantinya..

  7. niche tuh apa?
    iya sejauh ini yang aku kenal mudah itu blogspot.com atau blogger.com dan rapih bisa rata kanan dan kiri serta belum pernah maintenis, semoga selalu stabil. Amin

  8. Betul Mas. Sekarang banyak yang melakukan campaign dengan menulis review ketimbang menyewa buzzer. Untuk blog sebagai personal branding aku hanya menyeregamkan username dan photo profile supaya orang tahu ketika melihat satu atau dua photo. Tapi kalau bicara niche yang spesifik aku belum sanggup fokus.

  9. Saya setuju untuk yang ‘personal branding’ dan saat ini saya juga sedang membangunnya šŸ™‚

    @IfanAndriP – http://www.ifantastis.com

  10. pernah sih sempat buat blog pake domain, tapi waktu itu stagnan nulis jadi domainnya nggak dilanjutin hihihi

  11. Blogger sekarang harus kreatif, nggak cuman sekadar hobi tapi juga bisa bermanfaat šŸ˜€

  12. Aku setuju kalau mengganti domain itu membentuk si blogger terlihat lebih profesional, tapi kemarin aku mendengar bahwa terkadang perushaan tidak lagi melihat domain dari seorang blogger. Yang belakangnya .blogspot.com pun masiih bisa tetap eksis.

  13. Sudah saatnya menjadi blogger yang tahan banting, blogger yang luar biasa…. Posting + Blogwalking + Kopdar….

  14. saat ini saya masih pakai domain wordpress. Rasanya masih asyik aja. Hehe

    udah lama ga update notif, ntar download lagi ah…

  15. Semoga makin berkembang baik dunia perbloggeran ini. šŸ™‚

  16. Jadi trendnya membranding diri ya bro………
    Kalau blogger baru sih iya, tapi kalau yang udah lama…. ya masih belum he he

  17. Sementara ini saya masih nyaman dg wp, Mas. Masih nyimpen kupon untuk top domain sih. Tapi nunggu #LBI2015 usai. šŸ™‚

  18. Ajen yang cantik banget says:

    Aku Blogger yang khusus fiksi aja šŸ™‚

  19. Setuju banget tapi belakangan yang masih pake embel embel juga banyak dilirk sih. Karena dulu pas masih pake embel embel aku sempat dapat orderan

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: