Tips Tentang Olahraga Ketika Sedang Menjalankan Ibadah Puasa

pexels-photo-179908.jpeg Memasuki bulan ramadhan, salah satu bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim, tentunya banyak diantara Anda yang meningkatkan ibadah ketika menjalaninya bukan. Ditambah dengan pengurangan beberapa aktivitas yang dinilai kurang penting. Umumnya jam kerja sendiri akan semakin berkurang dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya. Bahkan karena rasa lebih ketika siang hari maka banyak diantaranya yang juga sudah enggan untuk menjalankan olahraga lagi. Padahal sebenarnya puasa maupun tidak, olahraga tetap menjadi bagian yang wajib dijalankan. Untuk menunjang kesehatan Anda. Namun setidaknya Anda sendiri juga harus tau tips tentang olahraga yang benar dilakukan ketika bulan ramadhan ini.

Ketika bulan ramadhan Anda memang dituntut untuk menjaga diri dari makan dan juga minum, selama kurang lebih 12 jam. Bahkan tak hanya itu melainkan juga nafsu yang lainnya. hendaknya hal ini dimanfaatkan dengan sebaik mungkin juga untuk membuat kondisi tubuh menjadi lebih sehat, karena banyak diantara organ dalam yang istirahat. Namun beberapa orang memang menerapkan puasa balas dendam. Pagi hingga menjelang malam mungkin tak makan. Namun ketika sudah memasuki waktu berbuka, maka lebih banyak yang masuk kedalam perut.

Tanpa memikirkan nilai kesehatannya, olahraga tentunya tetap menjadi bagian yang sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh, sedikit tips yang dapat Anda aplikasikan untuk olahraga ketika bulan puasa, diantaranya adalah:

1. Anda bisa memanfaatkan waktu sebelum sahur atau sebelum berbuka untuk olahraga. Jika biasanya olahraga dilakukan pada pagi hingga siang hari, maka jadwal ini harus diubah, agar tubuh tak terlalu letih. Yaitu sebelum datangnya sahur di malam hari atau sebelum berbuka.
2. Kurangi durasi atau jangka waktu untuk olahraga, bagi yang terbiasa melakukan olahraga hingga 1 jam penuh, agaknya sekarang ini harus mengurangi durasi tersebut, sehingga nantinya tak semua makanan yang masuk ke dalam tubuh terbakar, melainkan juga tetap menjadi sumber tenaga ketika tengah bekerja. Bisa dipotong setengahnya menjadi 30 menit saja.
3. Hindari beberapa jenis olahraga yang bisa menjadi sumber pembatalan puasa Anda, sebut saja diantaranya adalah renang. Olahraga dalam air ini memang menyenangkan karena membuat tubuh juga terasa lebih segar, namun harus dihindari karena masuknya air ke dalam tubuh bisa menjadi penyebab puasa Anda menjadi batal.
4. Pilih olahraga yang ringan, seperti diantaranya adalah dengan berjalan atau yoga, olahraga semacam ini tak menguras terlalu banyak energi, namun tetap memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh Anda, lakukan secara teratur.

5. Ketika berbuka atau sahur, maka cukupi kebutuhan cairan Anda, sehingga tak menjadi penyebab dehidrasi ketika sedang berolahraga.

Sangat mudah bukan, tips tentang olahraga ini bisa Anda aplikasikan di bulan yang penuh berkah tersebut.

Share this article!

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: