Perbedaan Antara Diskon dan Voucher Diskon Belanja

Dengan hadirnya sistem e-commerce dan juga keberadaan market place, pastinya setiap kali membuka internet Anda akan selalu terhubung dengan adanya sebuah iklan belanja bukan. Hal ini juga akan diimbangi dengan keberadaan voucher diskon belanja menggunakan kode-kode tertentu. Memang bukan menjadi sebuah rahasia lagi jika seandainya banyak diantara masyarakat yang memang tertarik dengan tawaran barang diskonan. Karena dengan adanya potongan harga artinya membuat pengeluaran mereka bisa kian ditekan menjadi semakin murah dari harga barang yang sebenarnya.

pexels-photo.jpg

Voucher ini sendiri tak hanya ada untuk cara pembelian online saja, melainkan juga untuk langkah belanja secara langsung. Contohnya saja ketika Anda mendapatkan sebuah SMS dari sebuah department store untuk menggunakan kode tertentu dalam pembayaran barang nantinya, cukup dengan menunjukkan bukti sms tersebut maka nantinya bisa mendapatkan tawaran harga yang lebih murah. Teknik marketing yang satu ini memang secara ampuh bisa menjerat konsumen untuk mau bertransaksi ke sebuah situs jual beli tersebut. Keuntungan juga bagi konsumen karena bisa dapatkan barang dengan harga yang lebih murah.

Namun sebenarnya patut diketahui bahwa antara diskon dengan voucher diskon belanja ini sebenarnya sangat jauh berbeda. Jadi jangan pernah disamakan, berikut ini diantara beberapa hal yang membedakan antara keduanya dan patut untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Bentuknya bukan dalam bentuk potongan harga langsung, melainkan dengan adanya kode untuk pembayaran. Ketika Anda nantinya membeli barang dalam bentuk diskonan maka sudah langsung tertera harga potongannya bukan, namun tidak ketika barang dibeli menggunakan voucher potongan harga ini, mengingat ketika memasuki sistem transaksi atau pembayaran tak menunjukkan kode diskon tersebut secara otomatis nantinya juga tidak bisa mendapatkan harga yang lebih murah atau potongan, harga tetap sama seperti normal.
  2. Ada ketentuan khusus yang diberikan dalam penggunaan voucher potongan harga. Hal lain yang agaknya juga patut untuk diketahui adalah voucher diskon hanya bisa digunakan untuk beberapa kategori produk tertentu saja, artinya memang ada ketentuan dalam penggunaannya, tak seperti ketika Anda berbelanja barang diskon, jika memang sudah tertera ada tulisan potongan harga maka secara langsung dapatkan barang yang lebih hemat. Namun tidak dengan voucher ini, mengingat khusus diberikan untuk sistem transaksi tertentu.
  3. Voucher hanya bisa dipakai satu kali, sehingga ketika konsumen membeli barang satu dengan voucher tersebut, maka nantinya ketika ingin membeli barang yang sama lagi tak bisa menggunakan voucher, maka harga yang berlaku tetap normal. Berbeda dengan diskon, selama barang tersebut masih ditulisi diskon maka Anda tetap bisa berbelanja dengan harga yang lebih hemat tersebut.
  4. Umumnya voucher juga memiliki masa berlaku, hanya dapat digunakan satu hingga 3 hari saja, setelah itu tak akan bisa dipakai untuk berbelanja kembali.
  5. Tak semua barang bisa dibeli dengan menggunakan voucher diskon, hanya berlaku untuk beberapa jenis produk saja, sehingga patut diperhatikan hal ini.
  6. Ada nominal minimal pembelian atau belanja, misalnya saja hanya berlaku untuk produk dengan harga minimal 200 ribu rupiah atau produk dengan tanda khusus, maka barang lain yang tak masuk dalam ketentuan harganya tetap normal, karena tak bisa dibeli dengan diskonan tersebut.

Penting bagi konsumen untuk mengenal beda antara diskon dan juga voucher diskon belanja, sehingga tak salah dalam pemakaiannya saat belanja.

Share this article!

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: