Pengalaman Berbelanja di MarketPlays

Beberapa waktu yang lalu saya membeli sebuah zip up fleece alias hoodie. Namun berbeda dengan biasanya, saya kali ini membeli hoodie ini di sebuah ecommerce bernama MarketPlays. Bagi sebagian pembaca blog ini, mungkin nama MarketPlays masih terdengar asing. Hal yang sama pun terjadi ketika pertama kali mengetahui tentang ecommerce ini.Untitled.png

Pertama kali mencoba untuk berbelanja di MarketPlays, jujur saya agak ragu dengan website ini. Karena namanya yang masih asing kan ya. Namun godaan ongkos kirim gratis akhirnya meluluhkan saya untuk membeli sebuah hoodie berwarna hitam. Abaikan tentang apa yang saya beli, kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman berbelanja di MarketPlays.

Secara tampilan dan barang yang dijual, MarketPlays tidak jauh beda dengan ecommerce yang ada di Indonesia. Namun hal yang membedakan ecommerce ini dengan website serupa yang ada di Indonesia adalah jika kebanyakan produk-produk yang beredar di marketplace biasanya bersifat generic atau umum, di MarketPlays, produk yang ditawarkan lebih spesifik dan hampir semua produk yang ada di etalasenya adalah produk craft lokal. Jadi secara tidak langsung MarketPlays telah mendukung industri craftsmanship Indonesia. Produk-produk yang ada di Marketplays seperti leather goods, kerajinan kayu, aksesoris handmade, denim dan lainnya.

Untuk navigasi dan pencarian produk, menurut saya tampilan dari website ini cukup ramah terhadap pengguna awam. Produk yang saya sebutkan di atas tadi, dipisah berdasarkan jenisnya. Jadi memudahkan customer untuk mencari produk yang ingin dibeli. Untuk barang yang dijual, MarketPlays memberikan jaminan berupa garansi selama 7 hari untuk pengembalian barang dan refund.

Untitled.png

Lanjut ke sistem pembayaran, saat membeli hoodie merk Cotton Fighter, saya melakukan pembayaran via ATM. Setelah melakukan pembayaran, seperti biasa, lakukan konfirmasi pembayaran. Untuk proses sampai pembayaran dikonfirmasi oleh pihak MarketPlays termasuk cepat, tidak sampai beberapa jam, pembayaran sudah diterima. Selain menggunakan metode pembayaran via ATM, pembeli juga bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit BCA tunai maupun kredit dan bisa juga menggunakan Kredivo.

Berdasarkan pengalaman berbelanja saya di MarketPlays, kesannya cukup positif dan simple. Hanya saya satu hal yang mungkin bisa menjadi masukan untuk pihak MarketPlays adalah ketiadaan aplikasi untuk pengguna smartphone. Menurut saya, aplikasi untuk sebuah ecommerce adalah hal yang perlu ada. Karena saat ini bisa dibilang hampir semua manusia melakukan berbagai hal melalui gadget mereka, termasuk belanja. Alangkah baiknya jika ada aplikasi MarketPlays, tentu akan lebih memudahkan konsumen. Memang, MarketPlays masih bisa diakses melalui brower smartphone, tapi tentu saja pengalaman berbelanjanya akan berbea jika ada aplikasi khusus gitu.

Kesimpulannya, adanya MarketPlays dengan niatnya utuk mendukung produk kerajinan lokal patut diapresiasi. Hal ini juga membuktikan bahwa produk lokal tidak kalah kualitasnya daripada produk import. Semoga kedepanya MarketPlays bisa menggandeng lebih banyak crafter lokal sehingga semakin banyak pilihan untuk berbelanja produk lokal berkualitas, dan semoga sebentar lagi akan ada aplikasi resmi untuk pengguna smartphone.

Share this article!

Comments

  1. Jadi ini cuma bisa diakses dari websitenya ya, Uda. Iya sih sayang sekali kalo gak ada aplikasinya. Padahal bagus tuh.

  2. :))
    kkenapa kalo nulis nama di aplikasi selalu nama lengkap.
    wakakaka.
    bena aja cuma nulis “bena”

  3. keliatannya bagus juga ni untuk tempat belanja

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: