Pengalaman Pertama Berbelanja di JD.id

Hai, gaes. Alhamdulilah bisa nulis lagi. Semoga kedepannya bisa konsisten nulis minimal 2 tulisan seminggu biar alexanya ramping. Dan bisa rutin juga blogwalking.

Kali ini saya pengen berbagi pengalaman ketika pertama kali berbelanja di salah satu web ecommerce baru, JD.id. Jujur, saya baru tau dengan yang namanya JD.id sekitar beberapa minggu yang lalu. Dan setelah browsing sana sini, ternyata JD.id ini merupakan β€œcabang” dari JD merupakan perusahaan online direct sales terbesar di Asia dalam hal volume transaksi. Katanya begitu.

Mi Band

Mi Band murah πŸ˜†

Awal mula bisa belanja di JD.id adalah ketika saya tak sengaja lihat ada promo Mi Band yang dishare di salah satu grup facebook yang saya ikuti. Mi Band yang aslinya dijual sekitar 200ribuan, di JD.id dikasih murah aja jadi 59.000 ditambah free shipment! Ngiler dah.

Akhirnya dengan tekad yang kuat dan semangat yang membara, ini lebay, saya pun bikin akun di JD.id. Kelar bikin akun langsung add to card Mi Band yang telah lama diimpikan namun terhalang dana. Hahaha. Trus transfer via ATM. Kelar transfer agak bingung juga, menu konfirmasi transfernya tidak ketemu. Dan ternyata metode konfirmasinya lewat email sama mention ke twitter. Dimaklumilah, mungkin karena ecommerce baru kali ya, ke depannya mungkin sudah ada menu konfirmasinya.

Sehari setelahnya pesanan saya sudah diproses untuk dipick up dan di kirim oleh kurir. Oya, mereka Cuma pake dua kurir JX alias J-express sama RPX. Tidak ada JNE, TIKi, Pos Indonesia ataupun kurir lainnya. Hal begini bikin saya deg-degan, soalnya ada pengalaman buruk dengan shipping salah satu ecommerce yang katanya nomer satu itu, udah pake kurir yang ada dimana-mana tapi kiriman malah nyasar ke sana sini, gimana kurir yang gak ada agennya di kota saya?

Dan yang menjadi pertanyaan adalah tidak adanya balasan ke email saya tentang nomer resi atau AWB untuk melakukan tracking paket yang dikiriman. Setelah mention akun official JD.id saya iseng scrolling timeline mereka dan ternyata paket yang dikirim bisa ditrack dengan menggunakan nomer order. Wah, cukup memudahkan, hanya kurang informasi saja.

Setelah menunggu sekitar 10 hari, akhirnya paket Mi Band saya diantar oleh Indah Cargo. Ternyata pengirimannya lebih cepat dari perkiraan saya. Dan inilah Mi Band yang saya beli di JD.id, Alhamdulillah ga perlu didiemin ataupun digosok-gosok kaya kebanyakan Mi Band yang dibeli di JD.id biar bisa nyala. Hahaha.

Paket Mi Band dari JD.id

Paket Mi Band dari JD.id

Mi Band

Mi Band

Terakhir, kesimpulan. Halah kek nulis laporan aja ini. Ada beberapa poin yang mungkin bisa kamu pertimbangan ketika ingin berbelanja di JD.id.
Plus:

  1. Free shipping
    Ya, free shipping adalah magnet yang kuat buat para shopper ketika memutuskan untuk berbelanja. Apalagi yang berada di daerah seperti saya. Yang ongkos kirimnya hampir sama bahkan lebih mahal dari harga barang yang dibeli. Walau JD.id bukan satu-satunya ecommerce yang membebaskan ongkos kirim kepada pembelinya, tetep aja pilihan JD.id sebagai pemain baru di Indonesia adalah pilihan bijak.
  2. Customer Service
    Seperti yang saya tuliskan di atas. Saya pernah punya pengalaman buruk dengan salah satu ecommerce baru. Salah satunya karena pelayanan buruk Customer Servicenya. Bisa dibilang CS adalah ujung tombak perusahaan untuk memberikan solusi dan jawaban ketika customer mempunyai masalah. Sejauh pengalaman saya dengan CS JD.id mereka cukup responsif dengan pertanyaan-pertanyaan saya di twitter ataupun facebook. Dalam 24 Jam direspon dengan baik.
  3. Aplikasi
    Dengan adanya aplikasi untuk smartphone, ini memudahkan pelanggan untuk berbelanja. Tidak perlu ribet harus buka web browser yang kadang size webnya suka gak matching dengan ukuran layar smartphone.

Sisi baiknya sudah diulas, selanjutnya ada beberapa minus yang saya temui ketika berbelanja di JD.id mungkin nantinya bisa diperbaiki untuk meningkatkan kualitas layanan.

  1. Konfirmasi Pembayaran
    Konfirmasi pembayaran via Email ataupun twitter saat ini bukanlah pilihan baik. Tokopedia atau Bukalapak aja ada form konfirmasi pembayarannya. Saya telusuri help di web JD.id di sana disebutkan ada form konfirmasi pembayaran, nyatanya tidak ada. Walaupun respon mereka ketika konfirmasi pembayaran via email cukup cepat, tetap aja kurang gitu.
  2. Air Ways Bill / Resi
    Sama dengan konfirmasi pembayaran, idealnya ketika selesai konfirmasi pembayaran dan pesanan telah diproses oleh kurir customer bisa mendapatkan resi yang bisa digunakan untuk tracking pesanan. Iya, nomor order bisa dipakai untuk tracking. Tapi kalau pelanggan baru gimana kasian kan bingung kalau gak rajin cek timeline JD.id.
  3. Dukungan Kurir / Ekspedisi
    Mungkin perlu digunakan ekspedisi lainnya kali ya. Kasian customer di daerahnya gak ada rpx atau j-express kaya saya ini. Kiriman saya sempet stuck beberapa hari sebelum diterima. Mungkin dengan menggunakan ekspedisi yang agennya telah tersebar di Indonesia, pengiriman bisa jadi lebih cepat.
  4. Status Pesanan
    Ini mah bisa-bisa saya aja. Fyi, dalam status pesanan saya baik di web JD.id ataupun di web RPX pesanan saya masih dalam pengiriman. Mungkin karena di sini kurirnya beda kali ya, jadi update data terbaru agak lama. Ini bukan masalah sama sekali buat saya, Cuma pengen bikin tulisan ini lebih panjang aja. Hahaha

Pengalaman pertama saya berbelanja di JD.id cukup manis. Pelayanan oke, barangpun oke. Mungkin nanti saya akan coba berbelanja kembali di JD.id ketika ada diskonan lagi. Hahaha. Jadi pengen nulis pengalaman pertama berbelanja di ecommerce lainnya juga deh. Tungguin aja, tapi gak bakal tahun depan kok. Hahaha. See you!

Share this article!

Comments

  1. Masih kedoktrin kayaknya kalau belanja di toko online sejenis ini bisa jadi barang palsu soalnya pernah belanja di salah satu toko online ternama yg iklannya udah membahana, beli jam tangan buat hadiah ultah adek, tapi pas dateng, yaelah kok kayak yg dijual di toko2 jam kw biasanya ya

  2. Ih udah udah sering nulis lagi, bakal sering mampir sini. Jangan bosen ya?!

    Aku malah baru denger lho JD.id ini. Itu diskonnya lumayan banget. Mana gratis ongkir pulak! Ntar mau coba ngintipin webnya ah..

  3. wah baru tau ada JD, sepertinya menarik juga pesan lewat situs ini

  4. HAHAHA. Pengalaman buruk sama CS olshop satunya lagi itu yang inisialnya MM bukan? Jadi nggak sabar nunggu curhatan berikutnya. Wkwkwk.

  5. Wah baru tahu ada ecommerce iniiii. Dan free shippiiiing! \:9/

  6. Aku udah ngincer barang di JD, tapi yah.. sama. Masih ragu mesen karena jasa ekspedisinya juga gak ada di daerahku sekarang. Ternyata woles aja ya :DD

  7. baru tau ada JD dikira artinya JeDai (Jepitan Badai) hehe.. mantap… bermanfaat…

    • Langsung aj pesen kak..gak masalah..aku order tv led 32inch malem selasa..selasa siang udh di jasa pengiriman dan jumatnya sudah smpek di tngan saya pengiriman ke srbya..jadi yg jelas pasti di krim kog..biar kakak gak terlalu takut..ambil yg sistim cod/ bayar di tempat..jadi barang sampek baru kakak bayar..jd.id mantep kog..itu masukan aj sih..saya udh 2 kali beli..jadi gak ragu lagi

      • Sy rencana jg mau order LED TV nya tapi masih agak ragu gmn gitu, namanya jg beli OL kan ya, kita ga cek secara fisik kondisi barangnya seperti apa. Tapi setelah baca komenan km, sy jd ada niat lagi buat order di JD.ID. Tapi beneran terpercaya dan barang jg original kan ya? Trus kondisi barang jg pas sampai rumah aman kan ya?

  8. abis jd, zalora, tokopedia, bukalapak.. semuanya bakal seneng tuh di review.. πŸ˜€ semoga dikasih kupon2 diskon sama si ecomerse yak..

  9. Belum pernah belanja di situs2 terkenal, paling belanja di tempat yang sudah saya Kenal, trus konfirmasinya lewat SMS ehehe.

  10. baru tau nih jd.id. boleh dicoba

  11. mari kita borong saudarah-saudarah!
    mumpung duit masih banyak, pacar belom ada…
    jossss….

  12. Duh makin banyak cara buat ngabisin duit T__T

  13. xiaomi band itu kegunaannya buat apa ya mas…? baru denger saya
    kayanya hp Xiaomi pernah denger buatan tionghoa… apa masih ada hubungannya …?

  14. Baru tau JD dong aku hahaha selama ini suka belanja online dan belum pernah nemu yang aneh2 Alhamdulillah πŸ˜€

  15. miafajarani says:

    ih kok kayaknya asik ya belanja disitu. wkwk gak kayak ecom sebelah. mau tf eh kaga bisa. tapi pesenan masih ada di troli.

  16. lagi rame nih yang review jd.id, ada apa gerangan? hehe

  17. Makin banyak ya Toko Online besar yang mencoba peruntungan di pasar Indonesia.. JD ID salah satu pemain besar di negara asalnya China akan bersaing dengan pemain lama lainnya di Indonesia

  18. cara trackingnya gmn ya mas? trims

  19. Itu ngecek trackingnya lewat websitw jx apa website nya JD.id mas?
    Mohon pencerahan…

  20. Akibropung says:

    Tolong mas dibuatkan review mengenai promo99 JD.ID hari ini 6/6/2016. Jd.id mengadakan hoax promo, silahkan cek kekecewaan orang2 di review google play store JD.ID. Trims

  21. ada yang tau officepedia.co.id kah?
    e-commerce khusus peralatan ATK gitu tapi info yg saya dapat minim sekali, saya sih cuman mau ngelamar kerjaan aja di situ tp butuh info yg banyak mengenai e-commercenya

  22. muhammad ridho says:

    Kak,tlong di blas,kak aku kan pesan iphone 5s,tpi pas saya liat di akun saya iphone 5s nya kelocked itu mksudnya apa yah ??,apa penyebabnya jga kak ??

    • Maaf, mas saya ga pake Iphone. Tapi setau saya, kalo akunnya ke lock itu berarti sudah pernah diregistrasikan alias didaftarkan oleh pemiliknya. Bisa jadi barang yang mas beli adalah barang refurbish yang belum dilogout sama pemilik sebelumnya. Untuk lebih jelasnya sebaiknya mas kontak cs JD. πŸ™‚

  23. klo boleh ane tau, mimin lokasinya dimana ya?,

    ane tanggal 10 Okt tadi ada order juda di JD id, tapi ampe sekaranga barang belum sampe!!!,
    nanya ama cs JX, awal”nya ditanggepin, tapi 2 hari ini, gak direspon email ane.
    asli parah banget nih pelayanannya.
    lokasi ane Sampit – Kalimantan Tengah

  24. Suprianto Suprianto says:

    Katanya ditulis kurir yg dipakai hanya 2, JX express dan RPX, tapi yg ngantar barang kok “Indah cargo” gimana tuh om nulis kok nggak jelas ??????

  25. Mudawikawi Grahadhuita says:

    itu sepuluh hari sejak paket dikirimkan atau sejak pembayaran sudah dikonfirmasi? krn saya beli barang jdid via blanja.com 6 hari baru dikirim, serta kurir jx kok saya cari review atau lokasi di internet sangat sulit dan minim info (ketutupan jnt hhaha), btw posisi saya di malang
    terimakasih

  26. 10 hari dibilang cepet? anda sabar sekali orangnya yah hehe

  27. Wah, ramai. Page three, gan!!

  28. semakin banyak aja ya e-commerce di Indonesia, konsumen semakin bingung, hehehe…. kalo saya tetep setia dengan bukalapak atau tokopedia, ngerasa aman aja transaksinya, selain itu pilihan ekspedisinya lumayan komplit jd kita bisa pilih sesuai yg kita mau.

  29. Makasih gan..sangat membantu.saya jg baru pertama kali beli jd.id nih…
    Sempet bingung kok ga ada menu konfirmasi pembayarannya…tp sy tunggu aja lah..semoga barang saya cpt sampai

  30. Sdh 5 hari dan bsk hari ke 6 barang pesanan sy dr JD.ID blm nyampe jg. Selama itukah utk jarak jakarta ke bandung kota??? Hadeuhhh JX.

  31. Punya saya dr tgl 13 nov 2016 hingga tgl 24 nov 2016 blm pakai datang ,kita tanyain via email selalu dlm proses,mending pakai ongkos kirim pakai Tiki /Jne ,ekspedisi yg jelas dan bisa trackingnya cepat.kayaknya gak mau lg belanja di JD.ID biar hargannya lebih murah dari yg lain.sekarang tinggal pasrah aja menanti barang yg gak kunjung tiba.

  32. lagi pesen tv led samsul 43″. pas mau bayar via kartu kredit, walah! protokol secure line nya abu2. artinya data kartu kredit kita gak secure. jadi bingung. padahal mau di kredit. akhirnya bayar cash via transfer jadi pilihan. yah apa boleh baut?! lha wong ini dapet harga paling murah di seantero online shop yg ada di bumi pertiwati ini. sayang kalo ndak diambil…

  33. Belanja di jd emang murah, tp jasa pengirimannya ga jelas. Pesanan udah ada di jasa pengiriman dari tgl 19des, sampe sekarang 23des blm sampe. Jarak jakarta subang kan deket. Kok bisa selama itu ya???

  34. Simple banget tracking di j expres, rekanan JD id. Tak selengkap dan sedetil lazada, bhinneka, dinomarket dll. Jadi harus sering tanya ke satpam

  35. Ane baru order vga zotac 1060 amp 6gb, sempat was2 juga soalnya gimana tracking barangnya, setelah baca review disini baru ngeh, btw barang ane dah 2 hari di jx express, masih di jkt, kapan kirimnya yak ke medan… Gw kira paling 3-4 hari dah sampe…

    • gan ente dari jakarta ke medan berapa lama pengirimannya? , ane liat di email kalau sumatera nyampe 7-14 hari ,bener gak tuh?

      kalau ente berapa hari gan

  36. Bru aja blanja di jd kmrin, hari minggu bayar, slasa di kirim, kamis sampe di cawas klaten, pdahal di desa tuh

  37. saya mau nnya dong kalo kita jualan di jd.itu kalo sempuma kita tolak orderan atw pa kita bayar gak ke jdnya?atw gimana??
    maaf soalnya aku pengen jualan di jd.id cuma raguragu takut disuru bayar macem macem

  38. Sya psen dr seller jd id n via blanja dot com juga gtu.. pemrosesan 6 hari setlah kita transfer udah gtu nunggu barang dateng kama.. skrg udah hari 6 juga…
    Kok kzl ya
    Kapok dah d jd id

  39. Klo saya kecewa dengan jd, beli barang pas terima nggak fungsi. Begitu dibalikin (dengan ongkir balik bayar sendiri) dan dapat pengganti tetep aja barang pengganti nya rusaknya sama.

  40. iwan aditya says:

    Saya ga habis pikir dengan tulisan di atas, maaf ya gan
    saya pesan hp sudah 8 hari sampai sekarang ga jelas barang dimana, coba track di kurir mereka j-expres, ga jelas datanya di tlp ga ada yang ngangkat.
    dari saya bayar saja harus menunggu 2 hari baru pindah ke gudang mereka itu pun saya harus complain dulu.
    CS nya kalo di tanya jawabannya hanya satu “dalam proses” ga ada estimasi waktu, target kapan barang harus sampai ke customer.
    Jujur saya meragukan krdibilitas dan profesional mereka

  41. Smartiest says:

    Sy sdg order dari jd.id
    Busyet lama bingits.. udh hari ke 2 barang belum nyampe juga.

    Gw coba cari tau ternyata mereka pake kurir yang jarang gw denger..

    Bukan tiki jne j&t..
    Tpi j-express

    Gw butuh waktu ngebrowsing dan nyari2 dari suhu2 yg udh pengalaman blanja ol di jd.id.. sampe akhirnya dapet tuh jexp…

    Dan memang gw input di trackingnya.. barng pesenan gw masi wara-wiri gk jelas keberadaannya..
    Moga2 nyampe deh nih barang.

  42. Mau nanya itu kalau metode pembayarannya gimana ya?kok cuman yg tf2 doangg,gabisa cod ya?

  43. jd.id emang murah tapi jasa pengirimannya yang lambat dan gak pasti! mending jd.id tambah kerjasama sama jasa pengiriman yg lain yang terjamin kayak jne.
    saya beli hp bayar tanggal 13, dikirim ke jasa ekspedisi tanggal yg sama. tapi baru dikirim tanggal 16. mana susah di tracking lagi ekspedisi barangnya

  44. Saya sering bgt tuh blnja d jd.id… Bahkan untuk belanja bulanan sekalipun πŸ˜€ soalnya sering ada diskonan.. Dan sya slalu pilih sistim bayar c.o.d… Jd mau d kirim atau nggak, gak terlalu menanti2,tapi alhamdulillah slalu di kirimkan orderan sya, 2 atau 3 hari sudah sampai dari hari saya order.
    Sekedar share aja ini mah πŸ™‚

  45. Iwan Widjaja says:

    HATI-HATI berbelanja di JD.id !!!
    Pembelanjaan saya tanggal 20 Juli 2017 sebuah alat elektronik terpaksa saya batalkan setelah 5 hari tidak ada tanggapan atas pesanan saya tersebut, sementara pembayaran sudah saya lakukan.
    25 Juli 2017 Pembatalan pesanan lewat website JD.id
    01 Agustus 2017 Karena tidak ada tanggapan dr JD.id, saya melakukan pembatalan pesanan kedua lewat email
    01 Agustus 2017 JD.id mengirim email tanggapan, meminta nomor rekening dan data2 lain untuk pengembalian dana saya
    03 Agustus 2017 Saya kirim email ke JD.id yg berisi data2 untuk pengembalian dana
    05 Agustus 2017 JD.id kirim email tanggapan berisi ungkapan terima kasih atas data2 yg sudah diberikan, informasi sudah diteruskan ke bag. keuangan dan mohon tunggu proses 3-5 hari kerja
    10 Agustus 2017 Saya menelpon ke bag CS JD.id untuk menagih pengembalian dana, tanggapan dr JD.id adalah permohonan maaf dan mohon tunggu 2 hari kerja
    16 Agustus 2017 (hari penulisan surat ini) Saya menelpon bag CS JD.id untuk ke-2 kalinya untuk menagih pengembalian dana yang tidak juga dikembalikan. Tanggapan dr JD.id, permohonan maaf dan mohon tunggu 3 hari kerja.
    Saat ini saya cuma berharap semoga saja dana saya bisa kembali, karena jumlahnya cukup besar.
    NB :
    Selama tanggal 10-16 Agustus 2017 : Tidak ada pemberitahuan dr pihak JD.id tentang masalah pengembalian dana saya. Saya harus menanyakan baru ada respon. Kalau saya percaya saja dengan pihak JD.id, dana saya nampaknya sudah pasti raib.
    Ingat tulisan di website dan email JD.id proses 3-5 hari kerja. Respon cepat. dan janji2 lainnya yg bagus2. KENYATAANNYA TIDAK.
    Melalui tulisan ini saya cuma mau berbagi pengalaman, dan peringatan bagi2 teman2 semua yang mau coba belanja di JD.id. Saya pesan pikir 2 kali.
    Semua tulisan ini bisa saya pertanggung jawabkan kebenarannya, dan semua ada buktinya.

  46. Wah kayaknya bisa jadi referensi nih. Oh ya gan udah pernah coba kredit di jd blom nih?

  47. Yang jelas order segede apapun… free ongkir… haha

  48. beli xiaomi Mi A1. biasa terjangkit virus iklan. liat di olshop yang ngadain flash sale sold out terus.. akhirnya belok lah ke JD.ID. ada banner gede di webnya. masih ready nih xiaominya. langsung lah percaya sama iklan yang ga pernah jualan barang ga ori. pesen payment nunggu barang iseng cek cek review lagi, eh ternyata banyak yang komplain bukan garansi resmi. yah nyesel dah apalagi garansi distributor yang satu ini banyak komplainnya. yah semoga aja barangnya ga bermasalah, ga ngarep juga sih purna jual kalo dah keliru garansi distributor ini. cek lagi kalo beli. harga padahal lbh mahal dari garansi resmi yang T*M itu.

  49. baca baca komentar di atas ko jadi ragu ya mau beli di JD.id, padahal saya lagi pengen banget beli redmi note 5a yang ntar tanggal 9 rilis di JD.id

  50. Saya sdg order nich di jd.id, beli jam tangan, pampers sama tissue basah… Download jd.id karena penasaran dapet hadiah voucher @100ribu 2kali dari citilink. Semoga sampai aja barangnya, lama ya gakpapa, dateng cepet ya alhamdulilah. Hehehe pasrah aja sih setelah baca2 review diatas.

  51. Jd.id apa yg ori???
    Proses lama banget,.. masih mending di toko sebelah lha..

    Belanja saya dari tanggal 27 November 2017 tidak ada khabar, lalu saya batalkan per tanggal 29 November, sdg sekarang baru mau di proses refund..

    Luar binasa sekali…

    Hati hati belanja di toko seperti ini.

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: