Menyelami Ruang Nostalgia di Kota Tua Jakarta

Ketika mendengar kata Jakarta, gambaran yang akan muncul dalam pikiran Anda adalah sebuah kota padat penduduk dengan kemacetannya yang luar biasa dan polusi yang menyesakkan. Kota terbesar pertama di Indonesia ini ditempati oleh lebih dari 10 juta penduduk dan merupakan roda gigi utama perekonomian Indonesia. Dengan jumlah penduduk sebesar itu dan statusnya sebagai ibukota, tak aneh jika fenomena seperti itu hadir di Jakarta.

Untitled.png

Source : chirpstory

Namun, terlepas dari kerasnya kehidupan di Jakarta, kota yang terkenal dengan sebutan J-Town ini menawarkan sebuah oasis cantik nan unik di tengah ingar bingar metropolitan yang membabi buta. Melewati Jakarta Utara hingga Jakarta Barat, Kota Tua Jakarta atau Oud Batavia merupakan kawasan historis yang menjadi saksi bisu momen keemasan Indonesia sebagai pusat perdagangan Asia.

Kawasan seluas 1,3 kilometer persegi ini hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Jakarta. Bagi Anda yang datang ke Jakarta menggunakan kereta api, Kota Tua Jakarta bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dari Stasiun Gambir. Sementara itu, dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kawasan bersejarah ini bisa Anda capai dalam waktu 30-40 menit melalui jalur tol Bandara-Prof. Sedyatmo.

Nah, jika Anda sudah memiliki rencana berlibur tetapi belum membeli tiket pesawat, segera cari ecommerce penyedia tiket pesawat online seperti Airy. Dengan layanan Airy Tiket Pesawat, Anda bisa mencari dan mendapatkan tiket perjalanan ke kota-kota destinasi wisata dengan harga yang lebih terjangkau.

Setibanya di Kota Tua Jakarta, Anda akan disambut oleh bangunan-bangunan bergaya arsitektur kolonial Belanda yang tersebar di sekitar kawasan. Sayangnya, beberapa bangunan berada dalam kondisi yang kurang terawat dan rusak. Meskipun demikian, Anda akan tetap terbuai oleh atmosfer nostalgia yang kental sambil menyusuri setiap jalan di kawasan ini.

Salah satu primadona kawasan bersejarah ini adalah Museum Sejarah Jakarta atau yang dikenal pula sebagai Museum Fatahillah. Bangunan museum pada awalnya digunakan sebagai kantor Gubernur Jenderal VOC atau stadhuis (balai kota). Museum tiga lantai bergaya neoklasik tersebut menyimpan berbagai barang peninggalan zaman kolonial Belanda, seperti mebel antik, keramik, dan meriam. Di bagian belakang bangunan utama, terdapat tangga menuju penjara bawah tanah.

Terletak di depan Museum Sejarah Jakarta, Lapangan Fatahillah merupakan area luar ruangan yang selalu dipenuhi oleh pengunjung. Di area ini, Anda bisa mengambil foto-foto yang cukup Instagrammable dengan latar belakang bangunan Museum Sejarah Jakarta atau bangunan-bangunan lain. Selain itu, lapangan ini juga dikelilingi oleh beberapa museum lain yang layak dikunjungi, seperti Museum Wayang dan Museum Seni Rupa dan Keramik.

Berada di area luar Kota Tua Jakarta, Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri merupakan tujuan wisata yang tidak boleh sampai terlewatkan. Kedua museum yang saling bersebelahan ini menampilkan koleksi-koleksi yang berkaitan dengan dunia perekonomian, seperti diorama bank pada zaman kolonial dan situasi jual beli di pasar tradisional. Desain interior yang megah di kedua museum pun layak untuk diabadikan dan bersanding di linimasa Instagram Anda.

Untitled.png

Source : pandajajan

Selain menghadirkan nuansa klasik nan bersejarah, kawasan Kota Tua Jakarta juga menawarkan petualangan kuliner kecil yang layak untuk dijajal. Di sekitar kawasan ini terdapat banyak kios-kios kecil yang menjajakan sajian tradisional lezat. Bagi Anda yang ingin bersantap sambil menikmati suasana yang lebih mewah, Cafe Batavia merupakan restoran yang wajib disambangi. Dalam balutan interior klasik dengan sentuhan bohemian, beragam kuliner lokal maupun internasional siap memanjakan lidah Anda.

Meskipun usianya tak lagi muda, pesona kawasan Kota Tua Jakarta tak akan lekang oleh waktu. Bagi Anda yang ingin menikmati liburan di Jakarta, kawasan ini merupakan destinasi wisata yang tidak boleh sampai terlewatkan. Pastikan juga Anda sudah memegang tiket pesawat Lion Air murah ke Jakarta. Jika belum, Anda bisa berkunjung ke website Airy untuk mencari tiket dengan harga terjangkau.

Share this article!

Comments

  1. Kenapa blog lo isinya iklan semua dah. :’D

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: