Karena Hidup Tak Perlu Sesendu Lagu Fiersa Besari

Saya mulai mengetahui mengenai Fiersa Besari sekitar tahun 2011 silam. Ceritanya saya dikasih oleh seseorang tautan video di Youtube yang berjudul Kau Yang Mengutuhkan Aku oleh Revolvere Project. Sebuah project di mana musik, puisi dan visual dikemas secara satu paket oleh Fahd Pahdephie, Fiersa dan Futih.

Setelah menonton video-video lainya, saya semakin penasaran dengan karya Fiersa lainnya. Karena saya menyukai musik dan lagu yang dibuat oleh Fiersa. Mulailah saya berburu lagu-lagu Fiersa Besari lainnya melalui akun Soundcloud dan Reverbnation miliknya. Saat itu, Fiersa masih jarang sekali mengunggah lagu-lagu milikinya. Pada waktu itu kebanyakan konten Soundcloudnya lebih ke lagu-lagu cover dari penyanyi lain.

Hingga pada akhirnya Fiersa merilis albumnya 11:11 perdananya, lalu kemudian Tempat Aku Pulang dan terakhir album buku Konspirasi Alam Semesta. Bisa dibilang ketiga album tersebut memiliki tema sama yang dominan, cinta dan patah hati. Memang dua hal tersebut adalah tema yang cukup laku dan menjual, namun Fiersa mengemasnya dengan berbeda dan tidak terlihat cengeng.

Bsg93SBCEAAmUc_.jpg

Salah satu tulisan Fiersa

Ah, rasanya cukup membahas Fiersa dan musiknya. Mari membahas mengenai tulisan Fiersa Besari. Karena sedikit banyak saya terpengaruhi dan terwarnai oleh tulisan-tulisannya. Sebelum album buku Konspirasi Alam Semesta dan buku Garis Waktu (mungkin nanti akan saya ulas), biasanya saya menikmati tulisan-tulisan Fiersa melalui blog, Facebook, Twitter dan Instagramnya. Dan pada hari ini saya cuma rutin membaca tulisan Fiersa melalui #Jurnal365 nya di Instagram, karena seperti ia tidak terlalu aktif di twitter lagi.

Mengikuti tulisan tulisan Fiersa baik di Twitter maupun di status Facebook membuat saya banyak belajar. Ya meskipun dibatasi oleh karakter, Fiersa bisa memilah diksi yang tepat untuk tulisannya. Tak jarang pula saya menemukan kata-kata yang sebelumnya belum pernah saya tahu. Sehingga secara tidak langsung, membaca tulisan-tulisan Fiersa saya seperti menambah perbendaharaan kata saya.

Untitled.png

Menulis kreatif di 140 karakter

Saya belajarΒ  bagaimana cara agar tulisan bisa enak untuk dibaca. Saya belajar bagaimana memadu padankan diksi tulisan di blog lain. Karena memang menulis itu tidak cukup hanya bermodal motivasi, banyak hal yangΒ  harus diperhatikan saat menulis. Termasuk diksi dan hal-hal kecil namun penting lainnya.

Karena menulis tak hanya mengetikkan kalimat-kalimat lalu acuh akan tata bahasanya. Ah, anak SD juga bisa mah kalo nulis tapi gak peduli akan tata bahasa. Duh jadi ingat awal-awal ngeblog kan ini. Dulu prinsip saya, yang penting blog update. Hehehehe.

Intinya, saya belajar banyak bagaimana cara menulis dari tulisan-tulisan Fiersa. Baik itu di blog, Twitter, status Facebook, caption Instagramnya maupun lirik-lirik lagunya. Ya meskipun rata-rata tulisannya bertema sendu dan patah hati, tapi bukan berarti tidak ada celah untuk belajar dari tulisan-tulisan tersebut. Satu hal lagi yang saya kagumi dari Fiersa adalah kegemarannya membaca buku, hingga akhirnya mendirikan komunitas Pecandu Buku.

Rasanya cukup membahas tulisan dan lagu Fiersa Besari ini. Satu hal yang ingin saya sampaikan adalah ketika kita menyukai suatu karya baik itu seperti lagu atau tulisan, hal itu pasti akan mempengaruhi pola pikir kita. Baik secara langsung ataupun tidak, pasti akan ada pengaruhnya. Namun, bukan berarti ketika menikmati karya-karya sendu Fiersa, hidup saya pun menjadi sendu. Berbahagialah, karena hidup tak perlu sesendu lagu Fiersa Besari.

Muah.

 

Share this article!

Comments

  1. Hahaha.
    Bena jadi inget pertama kali team viewer, terus masih kesetel lagunya sepasang pendaki kemudian beberapa hari kemudian uda ngasih link sepasang pendaki versi fiersa :’)

    Kau jadi salah satu list andalan bena untuk menulis tulisan lain di blog bena. Karena kayaknya pas aja. Itu dengernya juga nggak sengaja. Haha.

    Membuat tulisan kita agar enak dibaca memang menjadi peer tersendiri, btw.
    Karena sampe sekarang bena masih melakukan itu. Terus belajar…

  2. Sama sekali belum pernah tau lagu yang dimaksud tetapi salut juga ketika tau ada orang yang suka baca buku, bahkan itu… Pecandu Buku… waaaahhh 😱

    Selamat berbahagia! πŸ™‹πŸ˜†

  3. Fiersa selain rambutnya indah (dan bikin aku iri :)) ) teryata bisa menggunakan kalimat indah juga ya πŸ˜€

  4. muah juga, da!

  5. muah…. eh!!
    Sepertinya aku beneran wajib baca bukunya Fiersa Besari ini juga, biar nambah perbendaharaan kata. Biar bisa bikin tulisan yang enak dibaca. Berasa diingetin Uda kalau anak SD juga bisa menulis tanpa tata bahasa sih. hicks….malu *tutup muka* *bergegas ke toko buku* ehhh dipelototin tumpukan buku yang masih terbungkus plastik. Tunggu gajian ya

  6. Gak tau lagunya…
    Coba kasih link lagunya tar tak donlod
    Sepertinya enak

  7. Saya baru tahu uda ada seorang tokoh yang namanya Fiersa Besari ini. Penasaran dengan karya karyanya. Buat belajar seperti apa yang uda pelajari.

  8. Anjir kok jadi bubar gini, ah jadi lupa mau komentar apaan. Gegara endingnya dikasih kecupan πŸ˜­πŸ”«

    Iya tuh fiersa besari bukunya yg garis waktu lagi hits bgt, mau beli tapi keabisan mulu -_-

  9. Aku tahunya fiesta yg kon… ah sudahlah dengar videonyaa bolehh juga nihhh

  10. Karena hidup tak perlu sesendu lagu, benar sekali ini.

    Lebih baik nikmati hidup, jalani prosesnya dg menelaah apa yang bisa kita lakukan utk hidup ini.

    Hidup adalah perjuangan .begitu juga tulisan fiersa yg memotivasi para penulis / penyuka lagu/ blogger lain nya.

    Cukuplah kita termotivasi jangan sendu akan lirik/bait goresan tinta atau irama lagu sendu.
    Tapi bisa kita camkan dan ambil manfaat nya.

    Thanks .
    Best,
    Kandida

  11. Iya, inget awal2 ngeblog asal nulis, asal posting, kalau baca ulang kadang malu sendiri sehingga ada beberapa tulisan yang harus dikandangin ke draft buat kenang2an. πŸ™‚

    Etapi saya belum kenal sama Fiersa, coba tak kenalan dulu lah πŸ™‚

  12. Langsung googling dulu. . siapakah penyanyi yg dimaksud. . bentar ya. .. Ntar aku komen lagi

  13. saya sudah gogling dan skrg lagi denger lagunya dgn judul April. Bagus sih. . ringan. . nyaman didengar. . makasih infonya

  14. Uda mah galau mulu. Request sesekali ngebahas makanan bukit tinggi dong. Aku malah kepengen tahu makanan tersembunyi bagai intan permata disana

  15. Setuju kalo tulisannya bagus-bagus, cuma kurang sukanya pada temanya aja. Cinta melulu, uda. -__-

    Itu twit yg dikutip adalah salah satu twit terkeren yg saya temuin di twitter beberapa waktu lalu. πŸ˜€

  16. Saya sama sekali belum pernah menikmati karya Fiersa yang mana pun. Tapi saya setuju, ketika menyukai karya seseorang kita memang kerap kali terpengaruh. Dalam kasus ini, adalah menulis.

  17. Suka sekali dengan tweet Fiersa yang di screen capture itu. Menohok! Diperlakukan buruk tanpa sadar ikut menghancurkan diri sendiri.

    Wah, masalah menulis dan memenuhi blog.
    Dulu pernah mengalami masa dimana menulis hanya sekedar meluapkan apa yang dirasakan. Kemudian lambat-laun banyak pikiran nista yang kelayapan. Kemudian semakin kesini, banyak blogwalking akhirnya sadar. Harus memperbaiki niat. Menulis adalah untuk berbagi. (kalau saya sih, hehe).

  18. lagunya kaya apa itu baru tau juga nih masalah tulis di blog hanya sebuah hobby hihi klo tulisan jelek dan tidak enak dibaca itulah tantangan kita di dalam menuliskan sesuatu mantab

  19. Wah belum pernah dengerin lagunya. Jadi penasaran pengen dengerin. Linknya ahhhhh

  20. Waduh da, saya gak tau dengan lagunya dan baru tau sekarangπŸ˜‚ Ternyata lagunya enak juga di dengar ya daπŸ˜‚

  21. Sepertinya asyik ya, lagunya Fiersa. Mungkin kapan-kapan tak streaming lah dari soundcloud…

  22. Aku baru tahu tentang Fiersa ini. Hihihihi
    Puitis banget yo, Da. 😁

  23. Walah penggemar Fiersa Besari, saya malah baru kenal tahun 2013.
    untungnya punya albumnya semua heee
    kalo menurut saya uda, setiap tulisan Fiersa Besari emang bisa bikin merinding aja terutama lagu-lagunya

  24. Wah, saya sepertinya kudet juga ya. Belum tahu Fiersa Besari sebelum baca postingan Uda. Saya penasaran dengan sosoknya. Buku dan musik, itu sepertinya identitasnya. Okelah, langsung stalking 😊

    Saya setuju bagaimana karya seseorang dapat mempengaruhi pikiran dan bahkan kehidupan orang2 yang menikmati karyanya.

  25. aku sering dengar namanya si fiersa besari ini mbak. tapi malah belum pernah tau karya-karyanya. iiih gak update aku ya hahhahaaa…

    mau pantengin sosmesnya fiersa juga ah, manatau bisa belajar juga kayak mbak biar tulisannya enak dibaca πŸ™‚

  26. Aku selalu melting sama tweet2nya fiersa besari :’)

  27. Saya pun belum pernah denger lagu Fiersa.
    Apa bukan era saya yaa…?

    *maklum emakemak

    Karyanya puitis yaa, Uda.
    Dalam maknanya.

    Rindu dengan lagu dengan lirik yang berkualitas macam begini.
    ^^

  28. Pernah dengar tp gak terlalu ngeh….
    Suka buku, dibaca juga, jgn ditimbun

    Ntar nyari video lainnya ah

  29. Baca tulisan Uda, jadi pengen punya bukunya. Apalagi kalau tulisannya bisa menginspirasi dan dijadikan bahan untuk belajar menulis yang lebih baik lagi, waah..makin pengen punya.. πŸ™‚
    Lagunya enak juga. Begitu buka blog Uda, lagunya langsung nyala. Liriknya bagus, ya…

  30. dengerin lagunya yg di sound cloud, jujur aku baru pertama kali denger lagunya hehe, enak ya liriknya ngena banget.. kayaknya mau cari lagu-lagunya fiersa besari yang lain nih

  31. Gue lebih suka Endah & Rhesa *digetok* hahaha…
    Gue baru tahu tentang Fiersa Besari, keren juga ya karyanya.
    Tapi entah kenapa, gue gak terlalu menikmati lagunya, mungkin karena gue lagi focus baca tulisan lo ya. Tapi kalo tulisannya sepertinya bagus, liat dari twitternya dia yang terpampang di blog lo ini Uda.
    Semoga selalu ceria, bisa banyak berkarya dan tidak sesendu lagunya Fiersa Besari.

  32. woahhh thanks gw bertahun2 nyariin nama dia akhirnya ketemu haha, cm pernah suatu kali denger lg bahas nama fiersa besari ini. Thanks ya uda, dia tulisannya keren2, biasanya emg kl syahdu2 justru dapet kala menuliskan hal yg sedih bukan? kl lg bahagia apa ada, bs jd cm datar..

    kosakata, tutur kata, gaya bahasa nya epic ❀️❀️fiersa basari *gaklebay

  33. Baru tahu Fiersa.
    Lagunya enak yaaa…
    Dan iya, tulisannya bagus. πŸ™‚

  34. Curhat nih?

  35. Jadi penasaran karna aku baru tau fiersa, wah bner2 kudet ya.
    Tp baca potongan karyanya tadi, mungkin kurang lebih sperti pahd pahdepie saat masih jadi pahd gibran mungkin ya.
    Maaf kalo salah.

  36. Besok mau ngepoin fiersa ah.. kelemahan setelah gak ada motivasi adalah.. perbendaharaan kataku dikittttt bgt..

  37. Baru tahu lagunya fiersa, siap dikepoin dech πŸ™‚

  38. Apa cuma aku yang baru dengar nama Fiersa dari tulisan ini??
    Maafkan aku yang seperti orang baru keluar hutan. Setelah upload komen ini, langsung kepoin Fiersa, dari beberapa cuplikan tulisannya sepertinya dia manusia yang keren πŸ‘πŸ‘

  39. Wah aku baru tahu tentang fiersa dari tulisan ini. Kalo fahd fahlevi udah terkenal banget kan. Btw, tulisannya memang keren, diksinya aku suka banget. Jadi penasaran dengan fiersa dan lagu2nya

  40. aku jadi penasaran sama tulisan fiersa lainnya selain di tweet. penasaran sama bukunya juga. ah :3

    kenapa kudu muah sih? kenapa?

  41. Ehh baru tahu kalau fiersa sama fahd pernah kolaborasi karya.

    Gara gara obrolan tempo hari. Gue beli garis waktu sama cat in my eyes fahd. Em, screening sih belum “sreg” sama tulisannya. Tapi, Kok agak mirip ya fahd sama fiersa karakternya?

  42. Kata – kata yang dilontarkan fiersa besari memang punya power tersendiri. Kebanyakan kata – katanya memang baper tapi penuh makna. Dulu pertama kali dengerin lagu Fiersa Besari yang judulnya April. Asli baper, selain karena makna lagunya sama kaya pengalaman *eh wkkwk juga karena kata – katanya dalam banget menancap pada relung jiwa *eaaa

  43. Ulasan yg bagus da. Tapi ya, aku bukan penggemar fiersa. Ya karena memang belom baca Buku dan dengerin lagunya sih. Tapi kalo liat dari twit2nya yg di RT ratusan orang, kalo kataku ya biasa aja. Gak ada yg istimewa dari twitnya. Hehehe.

    “Karena hidup tak perlu sesendu lagu fiersa”. Jadi penutup yg ciamik πŸ™‚

  44. OMG! Baca postingan ini sambil denger lagu fiersa itu rasanya… apalagi bahasannya dalem gitu. Iya sih setuju sama Uda, untuk membiasakan diri perlu latihan. dan latihan itu bisa melalui hal kecil seperti status twitter dan fb seperti yang dilakukan Fiersa. Hmm, tapi ya itu butuh semangat dan konsistensi, Intinya sih selalu berlatih ya dan tidak cepat puas.

    Berbahagialah, karena hidup tak perlu sesendu lagu Fiersa Besari.

  45. wah OMG! Baca postingan ini sambil denger lagu fiersa itu rasanya… apalagi bahasannya dalem gitu. Iya sih setuju sama Uda, untuk membiasakan diri perlu latihan. dan latihan itu bisa melalui hal kecil seperti status twitter dan fb seperti yang dilakukan Fiersa. Hmm, tapi ya itu butuh semangat dan konsistensi, Intinya sih selalu berlatih ya dan tidak cepat puas.

    Berbahagialah, karena hidup tak perlu sesendu lagu Fiersa Besari.

  46. menurut saya sih harus motivasi jelas dulu uda.
    kalo itu udah jelas dan konsisten baru bahas yang lain.
    karena pengalaman saya, mikirin ini dan itu yang membuat tidak memulai2 untuk blogging πŸ™‚

  47. Fiers ini indie kah? Modelnya seperti Pidi Baiq gitu ya?

  48. Fiersa pinter ngambil hati anak muda. Masukkan kata-kata sendu, maka hati anak muda mendayu-dayu. Hihihi.

  49. Pantesan tiap kali liat twit uda yang tampak seperti curhatan dan seperti kode untuk seseorang itu terasa seperti bait lagu.

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: