Ini Dia Cara Mendapatkan Kamera Digital Murah Berkualitas!

Ini Dia Cara Mendapatkan Kamera Digital Murah Berkualitas!

photographer-455747_640.jpg

pic: pixabay

Tertarik untuk membeli kamera digital memang perlu mempertimbangkan beberapa hal dulu sebelumnya. Mempertimbangkan kisaran harga yang sesuai dengan budget menjadi salah satunya sehingga ada baiknya mempertimbangkan pilihan kamera digital murah namun kualitasnya tetap bagus. Membeli dengan harga murah untuk mendapatkan kualitas yang bagus memang akan cukup sulit, sebab harga mahal menawarkan spesifikasi dan fitur yang membuat kamera digital lebih fungsional dan tahan lama.

Meski begitu pengguna kamera yang kurang paham memperlakukan kamera digital yang baik seperti apa akan membuatnya cepat rusak. Bagi pemula yang baru belajar untuk memotret memakai kamera digital bisa mempertimbangkan kamera dengan harga termurah. Sehingga menjadi sarana belajar yang fungsional sekaligus hemat, apabila merasa fiturnya sudah tidak mendukung bakat yang sudah terasah. Baru kemudian memutuskan untuk mengupdgrade kamera tersebut dengan model yang terbaru untuk mendapatkan fitur yang lebih baik.

Tips Membeli Kamera Murah yang Memuaskan

Membantu mendapatkan kamera digital dengan harga murah namun sangat fungsional dan mumpuni, maka ada beberapa hal mendasar yang perlu dicek. Berikut hal-hal yang harus dicek terlebih dahulu:

  1. Mengecek kapasitas baterai,
    Baterai menjadi hal yang sering diabaikan oleh mereka yang hendak membeli kamera digital sebab lebih fokus kepada spesifikasi dan desain. Padahal kualitas kamera sangat dipengaruhi oleh kualitas baterai, bayangkan saja akan percuma memotret banyak obyek jika baterainya cepat habis.
    Sehingga akan jauh lebih menguntungkan membeli kamera dengan baterai yang memiliki life time cukup lama sehingga bisa digunakan lebih lama pula. Kebanyakan kamera yang disematkan fitur canggih tidak didukung oleh kapasitas baterai dalam menopang daya hidup kamera tersebut. Sementara ada banyak sekali kamera digital murah yang justru memiliki baterai yang kuat dan bisa diandalkan. Teliti dalam memilih kapasitas baterainya seperti apa akan memberikan kepuasan lebih memakai kamera tersebut.
  2. Ukuran megapixel yang ditawarkan,
    Ukuran megapixel pada lensa kamera digital akan sangat mempengaruhi tingkat kehalusan foto yang dihasilkan. Intinya adalah semakin tinggi ukuran megapixel yang ditawarkan maka hasil fotonya pun akan terlihat lebih halus. Namun, perlu disesuaikan dengan kebutuhan sebab ukuran satu ini akan mempengaruhi kisaran harganya. Apabila hendak menggunakan kamera digital untuk kebutuhan menyediakan bahan desain web yang sederhana. Maka kamera dengan megapixel di angka 2 sudah cukup membantu, atau jika perlu yang lebih tinggi bisa memilih 5 atau 8 megapixel.
  3. Menengok fitur Zoom,
    Zoom merupakan salah satu fitur yang sangat dibutuhkan oleh pengguna kamera digital sebab mempermudah menangkap obyek jarak jauh atau sebaliknya. Zoom pada kamera digital pun ada dua jenis, yakni optical zoom dan satunya adalah digital zoom. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan dan dianjurkan untuk memilih optical zoom sebab hasil perbesaran gambar akan lebih jelas karena tidak pecah. Sebaliknya pada digital zoom akan membuat pembesaran obyek terlihat kurang jelas.
  4. Usahakan dicoba dahulu,
    Ketika datang ke toko kamera digital sebaiknya sebelum membayar mencoba dulu barang yang hendak dibeli. Hal ini untuk memastikan bahwa hasil jepretannya memang sudah sesuai dengan keinginan atau standar yang dibuat sendiri. Bagi pemula pun dianjurkan untuk mencoba terlebih dahulu sembari bertanya cara memanfaatkan tombol maupun fitur kepada pramuniaga. Sehingga bisa sekalian belajar dan membandingkan antara satu kamera digital murah dengan yang lainnya mana yang terbaik dan sesuai.

 

Share this article!

Comments

  1. Uda, sensor kamera jauh lebih penting daripada megapixel. Terkadang megapixel yang tinggi tapi apabila sensor kamera nya bukan yang bagus maka kualitas gambar yang dihasilkan akan sangat kurang.
    Aku sih bawel sama kamera. Buat moto kok coba-coba! Ahahahahaha

  2. Mirrorless nggak ada yang murah?

  3. Harga berbanding lurus dengan fitur yang ditawarkan ya?

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: