Cara Mudah Menyimpan Nomor Telepon di Google Contact

Materi tulisan ini telah lama diendapkan di kepala saya. Dan akhirnya sekarang bisa juga nulis tentang cara mudah menyimpan nomor telepon di Google Contact. Setelah sekian lama nge-draft di otak, akhirnya benar-benar bisa dituliskan di blog ini.
google contact
Saya sudah menggunakan Google Contact sekitar hampir 4 atau 5 tahun. Sejak pertama kali menggunakan Android. Awal saat menggunakan Android pertama, saya masih menggunakan kontak telepon dan sim card. Yang jadi masalah saat itu adalah masa-masa saya sangat menikmati belajar flashing ROM Android. Karena tidak melakukan back up apapun termasuk kontak, saat perangkat saya menyala saya mendapatkan kejutan. Semua kontak saya hilang!Solusinya cuma satu, menambahkan kontak secara manual lagi. Butuh waktu yang lama dan makan hati banget waktu itu menambahkan kontak satu persatu.

Gak mau lagi dong mengulangi kesalahan yang sama. Akhirnya utak atiklah setting di kontak Android. Dan saya menemukan sebuah option untuk menyimpan nomor telepon di Google Contact. Dan mulailah saya memindahkan kontak-kontak yang tadinya tersimpan di memori smartphone ke Google Contact.

Alasan saya setia menggunakan Google Contact sampai saat ini karena kepraktisannya. Dengan adanya google contact tidak perlu repot-repot lagi buat back up kontak karena akan terintegrasi dengan akun Google milik kita. Selain itu, dengan menggunakan Google Contact kita juga akan dimudahkan ketika memiliki lebih dari satu device Android. Karena tidak perlu lagi mengisi manual lagi kontaknya, cukup login dengan akun yang sama, maka kontak-kontak yang tersimpan akan otomatis ada juga di device satunya lagi.

Untuk menyimpan langsung kontak yang baru ditambahkan ke Google Contact, kamu bisa memilih tempat penyimpanan kontak baru di menu penyimpanannya.

Screenshot_2016-10-21-08-55-08-217_com.android.contacts.png

Lalu bagaimana untuk menyimpan kontak lama yang belum tersimpan di Google Contact?

Caranya adalah pilih Settings di device kamu

Screenshot_2016-10-21-08-57-18-071_com.android.settings.png

Pada Accounts, Pilih Other accounts

Kemudian pilih Google

Screenshot_2016-10-21-08-57-24-049_com.android.settings.png

Jika kamu memiliki 2 atau lebih akun google yang terdaftar, silakan pilih salah satu

Screenshot_2016-10-21-08-58-58-911_com.android.settings.png

Centang dibagian contacts, lalu pilih Sync Now

Screenshot_2016-10-21-08-59-08-559_com.android.settings.png

Mungkin akan terdapat beberapa perbedaan dikarenakan Android memiliki bermacam ROM, tapi inilah langkahnya secara sederhana. Dan selain bisa diakses melalui smartphone, Google Contact ini juga bisa diakses via PC.

Dan untuk menghemat baterai dan paket data, Sinkronisasi kontak ini tidak harus menyala selamanya. Kamu bisa mematikannya setelah kontak kamu tersinkron ke Google Contact. Lalu nyalakan kembali ketika hendak melakukan sinkroniasi kontak yang baru ditambahkan.

Demikian tutorial singkat ini. Semoga bisa bermanfaat dan memudahkan untuk yang bingung bagaimana cara mudah menyimpan nomor telepon di Google Contact. Semoga membantu.

Salam

Share this article!

Comments

  1. Setuju, gue aja sekarang pake google contact. Praktis! :))))

    Efek dulu pernah kehilangan kontak. :(((

  2. Bukannya kalo nyimpen no.hp udah otomatis kesimpen juga di google contact ya kalo di android..

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: