Bagaimana Mengatur Temperatur AC yang Pas?

Sebagian besar orang awam sering salah dalam mengatur temperatur AC yang pas untuk ruangan, beberapa kesalahan dalam pengaturan temperatur akan berakibat ke pemborosan listrik. Tentu ini akan sangat mengesalkan bukan? Niat membeli ac hemat listrik supaya hemat, eh karena kesalahan kecil malah jadi tetap boros.

Untitled.png

Perhatikanlah langkah-langkah dalam mengatur temperatur AC berikut ini :

  1. Tentukan Suhu Standar

Awalnya tentukan terlebih dahulu suhu standar yang pas untuk ruangan tersebut. Suhu standar biasanya terletak pada angka 25 derajat, Suhu ini dianggap paling pas karena dengan  suhu tersebut anda dapat merasakan dinginnya ruangan sekaligus menghemat listrik. Anda dapat mengganti tingkatan suhunya, suhu yang dipasang menyesuaikan juga dengan suhu diluar ruangan yang ikut mempengaruhi.

  1. Ganti Suhu Secara Bertahap

Jika anda merasa kurang nyaman dengan suhu tersebut, anda dapat meningkatkan atau merendahakan suhu. Namun perlu diingat dalam mengganti suhu sebaiknya dilakukan secara bertahap, lakukan pergantian suhu secara perlahan hingga anda menemukan suhu yang pas dan nyaman untuk anda. Terlalu sering mengganti pengaturan suhu tidak baik untuk kompressornya dan akan meningkatkan biaya listrik pula.

  1. Suhu Pada Malam Hari

jika pada saat tidur anda ingin suhu yang lebih hangat maka sebaiknya tingkatkan suhu beberapa derajat dari suhu standar, namun jika anda merasa nyaman tidur dalam suhu dingin maka anda tidak perlu untuk menaikkannya. AC hemat listrik anda mungkin dilengkapi dengan fitur sleep mode, anda dapat mengaktifkan fitur tersebut pada saat tidur.

  1. Matikan AC Saat Hendak Berpergian

Saat tidak berada dalam ruangan untuk beberapa waktu sebaiknya untuk mematikan AC. Hal ini juga dapat menghemat biaya listrik. Namun jika anda jika anda merasa tidak masalah AC tetap menyala, anda hanya perlu menaikkan suhu 3-4 derajat dari sebelumnya.

Tenyata meskipun memasang perangkat AC hemat listrik, penggunaanya tetap perlu dikontrol pemakaiannya agar benar-benar hemat listrik.  Pengaturan temperatur sangat berpengaruh pada biaya listrik, semakin rendah suhu yang diatur semakin dingin ruangan dan juga semakin boros listrik.

Share this article!

Comments

  1. wahhh dapat ilmu lagi di blog Uda,,,

    BTW kantor saya pake Daikin loch katanya sih hemat dan tahan lama

  2. mau siang malem atau kapanpun itu, ac selalu di 16 derajat. kalo bisa minus 16 derajat minus minus dah. namec panas banget soalnya.

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: