7 Fakta Tentang Internet Di Rusia

Internet memang sudah menjadi konsumsi masyarakat dunia, tidak terkecuali juga dengan warga yang tinggal di Rusia. Rusia, sebuah negara yang memiliki daratan yang amit-amit luasnya, seumur hidup pun mungkin tidak akan cukup untuk menjelajah daratan negara ini.

Dari sebuah riset, masyarakat di Rusia diketahui mengalami adanya peningkatan sebesar 90 % terkait akses internet dengan menggunakan ponsel atau perangkat mobile. Hal ini menunjukkan bahwa di sana perangkat desktop semakin ditinggalkan oleh pengguna internet. Selain hal itu, masih ada lagi banyak fakta-fakta menarik lainnya tentang internet di Rusia yang patut kamu ketahui. Apa saja itu? cek di bawah ini:

Untitled.png

Sumber gambar : indonesia.rbth.com

Wi-Fi Di Kereta Bawah Tanah Yang Pertama Di Dunia

Pemberian layanan Wi-Fi gratis yang bisa diakses dari setiap gerbong kereta bawah tanah kota moskow adalah inovasi yang pertama di dunia. Layanan Wi-Fi ini tersedia sejak Desember 2014. Layanan akses internet gratis bernama “MosMetro_Free” ini memiliki kecepatan koneksi internet yang bikin kamu menelan ngiler, yaitu mencapai 100 MB per detik. Di negara-negara lain, penyediaan jaringan Wi-Fi di stasiun memang sudah banyak, tapi untuk di gerbong kereta, hanya Rusia mampu mewujudkannya. Di Negara lain belum ada yang memberikan layanan serupa untuk warganya. Seperti berkebalikan, fasilitas Wi-Fi malah belum tersedia di stasiun-stasiun.

Seandainya layanan transportasi masal di Indonesia juga seperti ini, pasti orang-orang lebih memilih menggunakan transportasi umum daripada transportasi pribadi. Tentu ini adalah cara yang patut dicoba untuk mengatasi kemacetan.

Pengguna Internet Rusia Lebih Tinggi Dari Negara CIS Dan BRICS

Jika dibandingkan dengan BRICS dan persemakmuran negara-negara merdeka (CIS), tingkat penggunaan internet di Rusia jauh lebih tinggi. Sekitar 66 % atau sekitar 82 juta orang Rusia menggunakan internet. Tapi belakangan ini para peneliti menilai kalau pertumbuhan pengguna internet di sana stagnan. Pada riset yang dilakukan di tahun 2014, pengguna internet di Rusia hanya meningkat 5 persen, ini sedikit lebih rendah jika dibandingkan tahu 2013 yang meningkat sebanyak 7 %.

11,8 Juta Orang Mengakses Internet Via Mobile

Meningkatnya pengguna internet dengan menggunakan perangkat mobile, membuat pengguna internet via desktop atau PC dan laptop tidak tumbuh, bahkan cenderung menurun. Dengan penggunaan ponsel yang meningkat sekitar 90 % membuat kepopuleran desktop untuk mengakses internet menjadi menurun di mata masyarakat.

Membahas tentang internet, rasanya tidak pas jika tidak menyinggung soal paket internet. Selain fakta-fakta menarik tentang internet di Rusia, saat ini juga ada fakta menarik yang datang dari dalam negeri, perihal adanya cara baru untuk membeli paket internet, yaitu sekarang kamu bisa mendapatkannya dengan sangat mudah via mobile. Untuk membelinya kamu hanya perlu mengakses aplikasi Traveloka, lho! Karena mereka baru saja meluncurkan layanan baru untuk melayani pembelian pulsa dan paket data bagi para penggunanya.

Harga yang dijual di sana dijamin lebih murah dan ada banyak penawaran serta promo yang menarik buat kamu. Cara untuk membelinya juga sangat mudah, cepat dan dijamin aman. Kamu hanya perlu mengakses aplikasi Traveloka versi terbaru, di sana kamu tinggal pilih menu beli pulsa atau internet, konfirmasi pembelianmu dan lakukan pembayaran dengan cara yang kamu inginkan. Kalau kamu pengguna Im3 Ooredoo, bisa langsung klik hyperlink ini. Kamu tinggal tunggu kuotanya masuk, deh. Di manapun kamu berada (mau di dalam angkot, di kamar atau sedang ada di kantor), jam berapa pun (mau tengah malam atau dini hari) saat kamu butuh, Traveloka akan selalu sedia melayani kamu! Nggak perlu antri dan nunggu lama, pulsa atau paket internetmu akan terisi segera.

Untitled.png

“Daftar Hitam” Internet Rusia

Seperti halnya di negara-negara lain, Rusia juga memiliki beberapa daftar situs yang terlarang untuk diakses. Hampir sama dengan di Indonesia, penutupan situs-situs di Rusia dilatari alasan seperti karena situs tersebut memuat unsur pornografi anak, ekstremis, informasi tentang cara bunuh diri, informasi tentang narkoba (pembuatan dan distribusi). Selain beberapa hal tersebut, penutupan situs juga dapat dilakukan karena adanya pelanggaran hak cipta atau karena berisi konten yang melanggar hukum di sana.

Situs Pertama Di Rusia

Situs pertama di Rusia yang menggunakan zona domain .ru membahas tentang www (World Wide Web). Situs yang bernama www.ru ini dibuat pada 1990, pada tahun ini pula Rusia sedang mengembangkan system pesan elektronik sendiri. system pesan ini masih terbatas digunakan untuk institusi akademik. Dan dua tahun kemudian, pada tahun 1992-1993, layanan internet pertama kali muncul di sana.

Untitled.png
Sumber gambar : indonesia.rbth.com

Jejaring Sosial Vkontakte Lebih Populer Dari Facebook

Boleh saja facebook jadi media social paling popular di dunia. Tapi di Rusia, facebook masih kalah dengan media social VKontakte dan situs VK.com. Di Rusia kedua situs itu dikunjungi oleh 70 juta pengguna tiap harinya,  sedangkan di posisi kedua ada facebook dengan 28 persen pengguna, lalu youtube dengan 7 persen dan twitter dengan empat persen.

Google kalah populer dengan Yandex

Yandex adalah sebuah mesin pencari yang sangat populer dan menjadi yang terdepan di Rusia. Meski begitu google terus berupaya untuk merebut pasar Rusia, hal ini bisa dilihat dari data statistic Morgan Stanley yang menunjukkan peningkatan sekitar 5 persen.

Share this article!

Comments

  1. pantesan aplikasi traveloka punya bena minta update. ternyata dia bisa beli pulsa.
    hm.
    hm.
    hm.
    hm.

    3 fakta kata untuk udafanz.
    aku sayang kamu.
    cie.
    wakakakakaka.
    delet komen apa nggak?
    wakakakka.

  2. wah, kereta bawah tanah saja sudah dijarah, di Indonesia, Busway aja belom ada hiks. akses internet gratis Indonesia atau free wifi masih agak rumit dijangkau, haruss bayar ini itulah. mungkin karena pajak disini kecil kali ya? hmmmm semoga free wifi merata di Indonesia pada tahun 2020 biar saya gak tekor kuota dan cinta

  3. asyik juga ya internet di rusia yg free wi-fi 🙂

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: