5 Hal Penting Sebelum Belanja Pakaian Online

5 Hal Penting Sebelum Belanja Pakaian Online

pexels-photo.jpg

Selain gadget, hal lain yang sering saya cari secara online adalah pakaian. Sederhana saja, saya termasuk orang yang terlalu malas hanya untuk membandingkan harga satu toko dengan toko lainnya. Selain capek dan waktu yang terbatas untuk berkeliling, alasan lainnya adalah saya kurang jago tawar menawar harga. Jadi, belakangan ini saya lebih sering berbelanja online untuk kebutuhan pakaian. Awal-awal belanja pakaian pria, saya tidak terlalu di toko online mana saya berbelanja. Yang penting saya suka motif pakaiannya, hingga akhirnya saya mendapatkan pakaian yang kurang sesuai dengan deskripsi. Dan saat itulah saya belajar untuk lebih berhati-hati ketika belanja online, khususnya belanja pakaian. Berikut 5 Hal Penting Sebelum Belanja Pakaian Online:

Foto Produk

Hal pertama yang kita lihat ketika berbelanja online adalah foto produknya, bukan? Hal ini juga berlaku ketika hendak belanja pakaian secara online. Foto produk sangat berpengaruh. Banyak toko online yang saya lihat menggunakan foto yang sama dengan toko lainnya dan hanya diganti watermarknya saja. Untuk toko yang menampilan foto produk semacam itu, saya tidak merekomendasikan berbelanja di sana. Soalnya bisa saja mereka sendiri tidak pernah melihat produk aslinya karena bisa jadi mereka hanya sebagai dropshipper. Untuk memastikannya, kamu sebaiknya bertanya kepada penjual.

Bahan pakaian

Nyaman atau tidaknya pakaian salah satunya dipengaruhi oleh bahannya. Untuk itu, kamu harus bisa memilah bahan yang nyaman untuk digunakan. Biasanya, ada keterangan bahan pakaian yang dijual pada deskripsi produk. Jika tidak ada keterangan bahan pakaiannya, namun kamu masih ingin membeli, ada baiknya kamu menanyakan dahulu kepada penjual melalui pesan pribadi. Hal ini biar nantinya pakaian yang kamu pesan sesuai dengan keinginanmu. Dan tetap nyaman ketika digunakan. Sedih kan jika kamu sudah pesan jauh-jauh dan mahal tapi ternyata tidak terpakai disebabkan bahannya yang tidak nyaman.

Ukuran

Selain bahan pakaian, ukuran pakaian adalah hal penting lainnya yang perlu kamu cari tahu sebelum membeli pakaian secara online. Jangan sampai pesanan kamu salah ukuran dan membuat pakaian tersebut hanya tersimpan di dalam lemari, tak terpakai. Biasanya penjual mencantumkan ukuran pakaian yang mereka jual. Bahkan ada penjual yang dengan  detailnya mencantumkan ukuran untuk lingkar dada, lingkar perut dan panjang pakaian yang mereka jual. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan ukuran.  Jadi kamu juga bisa mengukur tubuhmu terlebih dahulu sebelum menentukan ukuran pakaian yang hendak kamu beli.

Kualitas berbanding lurus dengan harga

Ada kualitas ada harga. Begitu pepatahnya. Tidak mungkin barang dengan kualitas premium dijual dengan harga kaki lima. Jika ada yang menjual pakaian dengan harga yang sangat murah namun mereka bilang kalau itu adalah produk bagus, kamu perlu menyelidiki terlebih dahulu sebelum membeli.  Bisa jadi barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan deskripsi yang dituliskan. Pokoknya jangan mau tergiur harga murah dengan kualitas nomor 1.

Cek Testimoni

Ini adalah hal yang juga berpengaruh. Kamu bisa melihat-lihat testimoni pembeli sebelumnya. Dengan adanya testimoni, kamu bisa menilai bagaimana kualitas pakaian yang dijual oleh toko online tersebut. Testimoni juga dibuat untuk membangun kepercayaan pembeli terhadap toko tersebut, jadi toko yang benar-benar serius untuk berjualan akan member service yang baik untuk pembelinya dan akan mendapatkan feedback berupa testimoni yang baik.

Itulah 5 hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum membeli pakaian online. Sebenarnya masih banyak hal lain perlu diperhatikan sebelum melakukan belanja pakaian secara online. Hanya saja 5 hal tersebut adalah hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum memutuskan untuk berbelanja pakaian online. Jika kamu memiliki tambahan tips, silakan tuliskan di kolom komentar.

Salam

Share this article!

Comments

  1. 5 hal penting sebelum sayang sama kamu.
    halah >,<

    bena kalau beli pakaian online gitu suka lama…
    lama mikir ukuran, karena biasanya suka kuran sesuai :))
    lama juga mikir nama bahannya, dan ngebandingin sama baju yg udah ada. hahahha.
    cewe sik. lama emang buat milih, lebih suka di pendem gitu.

  2. Testimoni bukannya bisa dibuat sipemilik sesuka hati pak?
    apakah masih bisa dipercaya pak, untuk testimonialnya.

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: