4 Hal Untuk Memaksimalkan Smartphone Androidmu

4 Hal Untuk Memaksimalkan Smartphone Androidmu

pexels-photo(1).jpg

Bisa dibilang Android adalah platform hampir seluruh smartphone yang beredar saat ini. Saingan Android yang nyata hanya iPhone dengan iOS. Salah satu faktor yang membuat Android bisa menguasai pasar adalah karena mereka memiliki sistem operasi yang terbuka yang bebas digunakan dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. Maka tak heran harga smartphone Android cukup terjangkau. Sayangnya, kebanyakan pengguna Android hanya menggunakan smartphone mereka hanya untuk bersosial media dan chatting. Padahal sistem operasi Android menurut saya sangat lengkap. Dan bisa gunakan lebih dari sekadar bersosial media dan chatting. Berikut 4 Hal Untuk Memaksimalkan Smartphone Androidmu menurut saya.

Menulis

Salah satu hal yang saya lakukan di Android adalah menulis draft tulisan untuk blog. Hal ini biasanya saya lakukan ketika saya terlalu malas untuk menyalakan laptop. Atau ketika sedang berada di luar dan menunggu. Ada banyak aplikasi pengolah kata yang bertebaran di Playstore, namun saya memilih menggunakan WPS OfficeΒ karena nyaman aja. Sama halnya dengan banyaknya wanita di sana, namun saya hanya nyaman denganmu. Ahay! Gak ding alasan sebenarnya adalah WPS Office itu gratis (pasang muka gratisan) dan untuk user interfacenya hampir mirip dengan Microsoft Word yang biasa saya gunakan di laptop.

Sebagai pendukung dan demi kenyamanan saat menulis, saya membeli sebuah wireless bluetooth keyboard mini. Dengan ukuran kecil sebesar tablet dan tanpa kabel, saya bisa membawanya kemana saja dan bisa menulis di mana saja. Cara menggunakannya juga cukup mudah, cukup dipairing dengan bluetooth smartphone, udah bisa ngetik deh! Selanjutnya biar moodnya bagus, saya menulis sambil mendengarkan lagu yang sesuai. Biasanya saya menutup telinga dengan headphone.

Mengedit Foto

Selain digunakan untuk menulis, saya juga menggunakan smartphone Android saya untuk mengedit foto. Untuk mengedit foto, saya sering menggunakan aplikasi Picsart. Kemampuannya hampir sama dengan Adobe Photoshop untuk mengedit foto secara sederhana. Di Picsart saya sih biasanya mengedit foto member WWF dan kadang juga menggunakannya untuk membuat sticker telegram. Selain menggunaka Picsart saya juga menggunakan Snapseed. Bisa dibilang Snapseed adalah aplikasi editor pertama saya ketika menggunakan Android.Β  Snapseed adalah aplikasi untuk mengatur pewarnaan foto seperti brightness, contrast dan lainnya. Biasanya saya menggunakan Snapseeed terlebih dahulu sebelum mengunggah foto ke Instagram agar hasilnya terlihat lebih baik.

Mengedit Video

Tak hanya foto, video pun kamu bisa edit di android. Untuk mengedit video, saya menggunakan aplikasi Kinemaster. Kinemaster adalah salah satu aplikasi video editor terbaik di Android menurut saya. Jika aplikasi video editor desktop membutuhkan requirement yang cukup tinggi seperti RAM laptop yang harus minimal 4GB, VGA laptop hingga prosesornya, maka dengan Kinemaster hal tersebut tidak perlu. Paling hanya versi Android saja yang perlu diperhatikan. Secara tampilan, Kinemaster ini terlihat cukup sederhana dan komplit untuk ukuran video editor di Android. Saya biasanya menggunakan Kinemaster untuk mengedit video yang akan diunggah ke Instagram. Kualitasnya pun sudah 720p. Cukuplah untuk ukuran video Instagram.

Entertaiment

Selain ketiga hal yang telah saya tuliskan tersebut, saya juga menggunakan smartphone Android saya untuk menonton Film. Untuk kegiatan ini saya menggunakan aplikasi MX Player. Meskipun layar smartphone saya kecil, namun tidak mengganggu kenikmatan saya dalam menonton. Saya termasuk orang yang lebih suka menonton menggunakan smartphone karena saya bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Saya bisa menonton sambil tiduran, atau melakukan saat sedang melakukan aktivitas lain tanpa harus menggunakan laptop. Biasanya saya menyimpan sekitar 5 judul film yang bisa saya tonton kapan saja.

Itulah beberapa aplikasi yang saya gunakan untuk memaksimalkan smartphone Android milik saya. Kalau kamu, selain bersosial media, aplikasi apa sajakah yang sering kamu gunakan? Tulis di kolom komentar ya.

Cilukba

Share this article!

Comments

  1. lebih banyak aplikasi menulis untuk online kalo bena, kayak tumblr, blog dan lainnya :))
    aplikasi buat ajang pamer juga penting sih, tujuan biar tau orang orang dunia maya sana lagi mau pamer apaaan lagi.
    edit video bena nggak pake henfon.
    udah gitu aja. oh iya sama aplikasi chatting buat ngabarin pacar.

  2. Aku mah hape nya nokia 6600 Uda, gada tips untuk memaksimalkan hapeku ya? Yauda gapapa, makasih Uda.

  3. Anjis Uda niat banget. Semuanya dikerjain pake Android. Niaaaaat!! Yaudah mending ganti aja judul blognya jadi “Udafanz.com Tak Bisa Hidup Tanpa Android Gitu Lho Yuhu Yuhu Yuhu”.

    Waw Headernya baru nih. Traktiran anak WWF dong….

  4. Kalo menulis saya suka pake Evernote πŸ˜€

    bisa Online dan Offline πŸ˜€

  5. Diantara ke empat hal ini cuma ngedit foto yang aku lakukan buat memaksimalkan android aku, Uda. Aku masih blom sukses lagi nulis via android (padahal dulu justru selalu via android), ngedit video blom nyoba, nonton pilem pun aku masih memilih nonton via laptop.
    Tapi buat aku salah satu fungsi android sekarang adalah semakin rajin buka media sosial buat cari kerjaan πŸ˜€
    Btw, akhirnya ganti tagline nih. Keren. Selamat.

  6. Gw nonton film pake aplikasi HOOQ

  7. Android saya bisa buat baca buku digital (epub), alat mata-mata, shopping, ngeblog, ngemodus pacar orang πŸ™‚

  8. Kalo gak salah, Snapseed bayar anjir di aipon. Muahaha. Enak ya bisa nulis dari hape. Gue entah kenapa lebih nyaman sama Ms. Word di laptop. Kalo dari hape paling ide-ide aja di note. Bahkan biasanya bawa bloknot. πŸ˜€

  9. 1 games, 1 app alquran supaya bisa tetap tadarusan, 1 app fotoediting, 2 app chat, 1 sosial media. Yang lain lewat browser nggak pake aplikasi

  10. edit foto snapseed sama picsart.. sementara masih itu sih mba, paling saya akan tambahkan edit videonya.. hehe thank you mba sharingnya

  11. Menulis lewat smart phone.. hmm tapi kalau aku pake note biasa πŸ˜€
    Biar gak lupa ya

  12. Cilukba juga :p

    Aku lagi butuh hape android baru nih..

Trackbacks

  1. […] jawa dan luar pulau jawa cukup lumayan. Saya pernah diajak teman untuk menemaninya membeli salah smartphone. Namun sebelumnya kita sudah browsing dulu harganya di beberapa toko smartphone online. Dan seperti […]

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: